DCSIMG

How To Be Happy

Menikmati Teknologi Sesuai dengan Kaidah Islam

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Jangan sampai perkembangan teknologi yang seharusnya bisa mempermudah aktivitas sehari-hari justru membuatmu khilaf. Dilansir dari republika.co.id, Ibnu Hazm meletakkan sebuah kaidah untuk mengetahui apakah sesuatu yang kita peroleh itu nikmat atau fitnah, “Setiap nikmat yang tidak digunakan untuk mendekatkan diri pada Allah hanyalah musibah” (Jaami’ul Ulum wal Hikam).

Jika digunakan sesuai fungsinya, teknologi dapat memberi banyak kebaikan bagi seorang muslim. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk menuntut ilmu atau mencari peluang kerja yang lebih baik. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai wujud syukur terhadap nikmat teknologi yang diberikan oleh Allah SWT.

Tak hanya itu, mencari berbagai hadits atau membaca Kitabullah pun saat ini sangat mudah dilakukan melalui perangkat mobile yang kamu miliki. Berabad-abad silam, mengutip republika.co.id, Abu Hatim ar Razi harus menempuh perjalanan sejauh 4.800 kilometer untuk mencari hadis-hadis Nabi. Ia mengembara selama 10 tahun ketika infrastruktur dan kendaraan bermesin belum tersedia. Namun, kini, pekerjaan tersebut bisa kita lakukan dalam hitungan menit.

Bahkan, dahulu kala, Imam Asy Syafi’i menulis hanya di atas pelepah kurma, tulang unta, bebatuan, tembikar, dan kertas bekas yang dibuang orang. Mahalnya harga kertas juga membuat ia harus menyisihkan dirham demi dirham demi membeli medium yang dapat menyimpan buah pikirannya. Berbeda dengan sekarang, perangkat teknologi yang kamu miliki dapat digunakan untuk merekam dan mencatat semua hal penting serta dapat dibuka kapan pun kamu mau.

Tentu, dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, diharapkan kita sebagai umat muslim dapat menggunakannya secara optimal untuk kemajuan diri dan umat, bukannya menjadi penghalang untuk mengembangkan diri karena terhalang malas dan “nikmat” kemudahan yang ada.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life