DCSIMG

How To Be Healthy

Cegah “Bau Naga” saat Pagi Hari

Oleh BrighterLife.co.id

Buatmu yang bersinggungan dengan orang banyak setiap hari, kondisi mulut yang prima menjadi salah satu kunci untuk kelancaran segala urusanmu.

Seolah sepele, tapi percayalah bahwa bau mulut jadi faktor penentu kenyamanan orang lain untuk berkomunikasi denganmu. Bayangkan jika kamu harus bekerja sama dengan orang yang memiliki bau mulut tak sedap, pasti malas dan sebisa mungkin menghindarinya, bukan? Nah, jangan sampai kamu jadi orang yang dihindari oleh rekan kerja karena bau mulut. Banyak faktor yang menimbulkan bau mulut tak sedap, misalnya, kebersihan mulut, makanan, dan kondisi asam lambung. Ikuti langkah berikut untuk mencegah timbulnya bau mulut pada pagi hari.

Ritual wajib saat malam

Percayalah bahwa napas yang bersahabat pada pagi hari dimulai sejak malam sebelumnya. Sikat gigi sebelum tidur menjadi wajib hukumnya untuk menghilangkan sisa makanan dalam mulut. Tak hanya menghindarkan gigi dari kerusakan, menyikat gigi juga mengangkat sisa makanan yang bisa menjadi biang kerok penyebab bau mulut. Jangan lupa, sikat juga bagian permukaan lidah dan akhiri ritual malam dengan berkumur menggunakan obat kumur nonalkohol.

Hindari bernapas lewat mulut

Kenapa sih harus menghindari bernapas melalui mulut ketika tidur? Saat tidur, kelembapan mulut cenderung menurun karena air liur berkurang. Kondisi ini kian buruk jika kamu bernapas melalui mulut karena membuat kondisi mulut menjadi lebih kering. Padahal, air liur mengandung oksigen tinggi dan befungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut.

Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang memiliki riwayat tidur mendengkur atau hidung tersumbat karena flu. Untuk mencegah agar kita tidak mendengkur, cobalah mengubah posisi tidur. Biasanya, tidur degan posisi miring akan mengurangi dengkuran.

Banyak konsumsi cairan

Supaya mulut tidak terlalu kering, usahakan untuk mengonsumsi satu atau dua gelas air putih ketika akan beranjak tidur. Tidak perlu langsung minum banyak, kamu bisa mencicilnya sedikit demi sedikit hingga waktunya tidur. Penting juga untuk memilih obat kumur nonalkohol. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol usai menyikat gigi pada malam hari akan menekan produksi air liur yang berdampak pada kondisi mulut yang semakin kering.

Hindari konsumsi asam dan makanan berbau

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam akan membuat kadar asam dalam mulutmu tinggi. Tak hanya menyukai kondisi mulut yang kering, bakteri juga senang hidup di lingkungan yang asam. Selain itu, bagimu yang punya penyakit maag, konsumsi makanan atau minuman asam juga berpeluang membuat kondisi asam lambung naik yang nantinya juga berpeluang menimbulkan bau mulut tak sedap.

Tips tadi penting untuk diingat dan diaplikasikan setiap malam, Bright Friends. Terlebih dalam hitungan hari umat muslim akan menjalani ibadah puasa yang berpeluang menimbulkan bau mulut tak sedap sepanjang hari jika kebersihan mulut tidak dijaga.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life