DCSIMG

How To Be Wealthy

Cara Bijak Menentukan Limit Kartu Kredit

Oleh BrighterLife.co.id

Untuk keadaan tertentu, kartu kredit bisa sangat bermanfaat. Namun, di sisi lain, jika kartu plastik ini jatuh ke tangan orang yang tidak bisa mengatur keuangan, maka bisa menjadi petaka bagi orang tersebut.

Diberikan limit yang besar oleh bank boleh jadi menjadi mimpi para pemilik kartu kredit. Angan-angan bisa “gesek” saat belanja, menikmati diskon dari kartu kredit yang bersangkutan, serta iming-iming cicilan 0 persen kerap membayangi para pengguna pemula kartu kredit. Padahal, seperti yang kita tahu, setiap kali menggesek kartu kredit, ada konsekuensi beban utang yang harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Para perencana keuangan sepakat bahwa beban utang kartu kredit yang digunakan wajib dibayar lunas 100 persen. Oleh karena itu, para pengguna sudah pasti harus bijaksana dalam memanfaatkan kartu kredit. Dilansir dari femina.co.id, perencana keuangan Ligwina Hananto mengatakan bahwa limit kartu kredit yang sesungguhnya bukanlah limit yang tertera pada buku panduan kartu kredit.

Meskipun kamu diberikan limit Rp15juta oleh bank penerbit kartu kredit, bukan berarti kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk bertansaksi sebesar nominal tersebut. Limit kartu kredit yang dapat kamu gunakan setiap bulan adalah sebesar nominal uang sisa dalam rekening tabunganmu. Misalnya, jika saat gajian bulan depan kamu hanya bisa menyisihkan anggaran Rp1 juta, maka walaupun limit tercetak yang diberikan bank Rp15juta, sesungguhnya yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja hanya senilai Rp1 juta.

Cara ini dilakukan untuk menghindarkanmu dari tumpukan utang kartu kredit yang akan terus berbunga jika kamu tidak segera melunasinya. Perlu kamu ketahui bahwa beban bunga dari utang kartu kredit yang tidak segera dilunasi akan membuat utangmu semakin membengkak. Kenapa? Karena bunga kartu kredit menggunakan konsep perhitungan bunga majemuk yang akan membuat tagihan semakin menggendut, terlebih jika kamu hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulan. Oleh karena itu, sebelum menggesek kartu kredit, pikirkan dulu kesanggupanmu membayar tagihan bulan berikutnya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life