DCSIMG

How To Be Happy

Tips Mendampingi Anak yang Pertama Kali Berpuasa

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Orangtua mana yang tak mendambakan si kecil mampu mengikuti ibadah puasa sejak dini? Nah, untukmu yang tahun ini mendampingi si kecil menjalankan puasa untuk pertama kali, ada beberapa tips agar anak terus semangat menjalani ibadah Ramadan.

Pengalaman pertama puasa bagi anak tentu menjadi momen yang cukup penting sekaligus berat bagi mereka. Bayangkan saja, jika biasanya bisa bebas meneguk air, kali ini mereka harus beradaptasi atau belajar untuk menahan haus serta lapar selama Ramadan. Di sinilah peran orangtua selama mendampingi anak di Bulan Ramadan, yaitu menjaga motivasi mereka.

Jika kamu seorang pekerja, usahakan untuk mengambil cuti dari kantor pada hari pertama dan kedua Ramadan untuk mendampingi si kecil berpuasa. Hari pertama dan kedua merupakan adaptasi awal yang penting untuk menentukan bagaimana perjuangan anak selanjutnya, selama 30 hari Ramadan. Agar si kecil tetap berenergi, pastikan untuk mencukupkan asupan sahurnya dengan nutrisi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, hingga serat. Asupan serat dan protein saat sahur akan membantu anak merasa kenyang lebih lama.

Kemudian, dalam aktivitas harian, kamu bisa mengajak anak melakukan kegiatan di dalam ruangan yang tidak terlalu menguras tenaga. Beri pemahaman kepadanya untuk menyimpan energi agar tidak mudah lemas. Solusi lain agar anak tidak kelelahan, ajak mereka tidur siang dan bangunkan sekitar pukul 3 sore.

Ajak si kecil beraktivitas di dapur untuk menyiapkan menu buka puasa. Melibatkan anak saat menyiapkan menu berbuka bisa menjadi semangat tersendiri bagi mereka dalam menjalani sisa jam menuju Maghrib. Sajikan menu favorit anak sebagai hadiah karena telah berhasil menjalani puasa hari pertama.

Jika waktu sebelum Maghrib masih tersisa, kamu pun bisa mengajak anak berkeliling kompleks sejenak dan kembali saat Maghrib. Cara ini bisa mengalihkan perhatian si kecil dari rasa lapar, lemas, dan bosan, sekaligus mengajaknya berinteraksi dengan teman sebaya untuk saling bertukar pengalaman mereka dalam menjalani ibadah ini. Selamat mencoba.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life