DCSIMG

Inspiring Story

Maksimalkan Media Sosial untuk Berburu Kerja

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Alih-alih menggunakan media sosial untuk sekadar eksis, buatmu yang tengah menganggur atau ingin mencari pekerjaan, bisa lho, memanfaatkan media sosial sebagai peluang di era digital ini.

Pasang foto profil profesional

Kalau kamu berniat mencari kerja lewat media sosial, image positif sangat penting dibangun, salah satunya adalah lewat pemilihan foto profil. Pasang foto yang “menjual” dan menampilkan kesan profesional. Tidak bisa dipungkiri, penampilan fisik seseorang masih menjadi salah satu pertimbangan.

Buat profil yang menjual

Kamu bahkan bisa mencantumkan riwayat pekerjaan atau portofolio di dalam profil LinkedIn, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Atau, buatmu yang rajin memperbarui blog sebagai salah satu sumber portofolio, cukup cantumkan tautan di blog kamu dan alamat email dalam profil kalau-kalau ada pihak yang tertarik ingin menghubungimu. Minta juga rekomendasi keahlian dari rekan kerja yang menjadi koneksi di LinkedIn untuk menambah kredibilitasmu.

Bergabung dengan akun perusahaan

Mengikuti akun Twitter atau LinkedIn perusahaan tertentu juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan informasi terbaru perihal lowongan kerja dari perusahaan buruanmu. Biasanya, pihak HRD perusahaan akan menyebar informasi lowongan kerja lewat akun perusahaan mereka. Jangan lupa juga untuk bergabung dengan akun headhunter, ya.

Jaga sikap di media sosial

Ini bagian paling penting. Setelah menggunakan foto profesional dan mencantumkan portofolio yang mengagumkan, tidak akan ada artinya jika kamu tak bisa menjaga sikap di media sosial. Hindari mengungkapkan komentar yang memancing permusuhan, apalagi menjelek-jelekkan tempat kerjamu saat ini. Kedewasaan dalam menggunakan media sosial menjadi salah satu tolok ukur para perekrut dalam mencari karyawan.

Jadi, sudah siap untuk menjaring peluang kerja dari media sosial?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life