DCSIMG

How To Be Wealthy

Sambut Ramadan dengan Rencana Keuangan yang Matang

Oleh BrighterLife.co.id

Bukan hanya mental dan spiritual yang harus ditempa dalam menyambut Ramadan, tetapi juga strategi keuangan. Jangan sampai momen bulan suci justru menjadi ajang boros-borosan atas nama reuni dan menyambung tali silaturahim.

Ramadan akan datang dalam hitungan hari. Acapkali, selama Ramadan, undangan untuk berbuka puasa bersama dengan rekan dan teman-teman lama membanjiri agenda kegiatanmu sehari-hari. Bukan tidak boleh menghadiri undangan buka puasa bersama, hanya saja semua harus diperhitungkan. Yuk, persiapkan rencana keuangan untuk jadi patokan pengeluaran selama bulan puasa.

Buka puasa bersama

Biasanya, undangan buka puasa bersama akan ramai pada minggu kedua dan ketiga Ramadan. Bahkan, bukan tidak mungkin pada waktu tersebut setiap hari akan ada saja ajakan berbuka. Ramadan seharusnya bisa menjadi ajang untuk berhemat, karena itu, dalam menghadiri undangan berbuka juga perlu perhitungan. Untuk satu kali menghadiri acara buka bersama di luar, setidaknya kamu harus merogoh kocek Rp100 ribu sampai dengan Rp150 ribu. Dengan bujet demikian, buat estimasi frekuensi undangan buka puasa yang bisa kamu hadiri. Misalnya, selama sebulan kamu hanya bisa menghadiri 4 hingga 5 kali ajakan buka di luar. Dari perkiraan tersebut kamu bisa menyaring undangan-undangan yang masuk. Kamu bisa memprioritaskan ajakan buka bersama dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu, misalnya, dibandingkan berbuka dengan teman kantor yang setiap hari bertemu.

Sedekah

Jika kamu bisa menyisihkan bujet untuk makan-makan, kenapa tidak bisa menyisihkan sebagian dana untuk sedekah? Kamu bisa mengambil bujet sedekah dari alokasi dana “jajan” setiap bulan yang tidak terpakai selama Ramadan. Atau, jika memang sudah punya pos sedekah setiap bulan, kamu bisa menambahkan porsi sedekah saat Ramadan dengan mengambil dana dari pos “jajan” atau makan siang.

Buat daftar menu sahur dan berbuka

Nah, bagian ini juga tidak kalah penting, Bright Friends. Tanpa disadari, belanja untuk sahur dan puasa menjadi salah satu pos yang membuat pengeluaran membengkak selama Ramadan. Oleh karena itu, buatlah daftar menu makanan setidaknya seminggu sekali. Sebaiknya pilih makanan yang bisa dinikmati saat berbuka dan juga saat sahur untuk menekan bujet.

Jadi, Bright Friends, maksimalkan momen Ramadan sebagai ajang mencari berkah bukan mengumbar nafsu dan jadi serakah. Selamat bersiap menyambut Ramadan bagi kamu yang menjalankan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life