DCSIMG

How To Be Healthy

Sikat Gigi Setelah Makan Ternyata Bisa Merusak Gigi

Oleh BrighterLife.co.id

Sikat gigi sehari dua kali, saat bangun tidur dan menjelang tidur, memang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan gigi. Namun ternyata saat menyikat gigi ada hal yang perlu kamu perhatikan, yakni menghindari menyikatnya setelah makan.

Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dan bau makanan yang membuat napas tidak sedap terkadang memaksa kita untuk membersihkan gigi dengan menyikatnya usai makan. Jika kamu termasuk orang yang wajib menyikat gigi setiap selesai makan, mulai sekarang coba untuk mengerem kebiasaanmu tersebut karena ternyata tidak baik untuk kesehatan, Bright Friends.

Perlu kamu ketahui bahwa makanan dan minuman manis yang mudah menempel pada permukaan gigi memang tidak baik karena dapat memproduksi asam yang berdampak pada masalah gigi, seperti gigi berlubang. Dilansir dari The Wall Street Journal, dikatakan bahwa makanan yang termasuk dalam kategori kariogenik (yang menyebabkan gigi berlubang) adalah makanan yang bukan hanya mengandung gula, melainkan juga bersifat asam. Karena itu, saat kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, pH mulut akan turun dan memerlukan waktu untuk mengembalikan kadar normalnya.

Nah, menyikat gigi langsung setelah makan dan minum akan membuat asam terdorong ke dalam gigi. Dampaknya? Kamu malah akan memperparah keadaan gigi tersebut. Lantas, apa solusinya? Sikat gigilah setidaknya 30 menit setelah makan atau tunggu hingga liurmu mengambalikan pH normal mulut.

Jika setelah makan manis atau asam kamu merasa tidak nyaman untuk tidak membersihkan sisa makanan tersebut, untuk sementara kamu bisa berkumur dengan air putih agar email gigi tetap terjaga. Setelah pH mulut kembali normal, kamu pun bisa membersihkan gigi dengan menyikatnya.

Mulai sekarang, jangan sembarang menggunakan sikat gigi ya, karena alih-alih merawat kesehatan, kamu malah bisa menyebabkan gigi cepat rusak.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life