DCSIMG

How To Be Healthy

Ini Alasan Mengapa Makan Harus dengan Tangan Kanan

Oleh BrighterLife.co.id

Mulai dari membuka mata hingga beristirahat pada malam hari, Islam sudah menuliskan aturan untuk diikuti umatnya dalam beraktivitas, misalnya saja sesederhana makan dengan menggunakan tangan kanan.

Bukan perkara ibadah saja yang diatur dalam Islam, hubungan muamalah (dengan sesama manusia) hingga rutinitas sehari-hari pun telah diatur. Untuk perkara makan, misalnya, bukan tanpa alasan Islam mengatur umatnya untuk makan dengan menggunakan tangan kanan. Tangan kanan dianggap lebih baik dari tangan kiri untuk melakukan berbagai aktivitas positif, terutama makan dan minum.

Mengutip dari okezone.com, diriwayatkan dari HR Al- Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hai anak muda, sebutlah nama Allah dan makanlah dengan tangan kanan serta ambillah makanan yang ada di dekatmu.” Tak hanya perkara makan, Rasulullah pun menganjurkan untuk selalu menggunakan tangan kanan dalam setiap aktivitas, kecuali aktivitas di toilet—membasuh anggota tubuh usai buang air.

Bahkan, masih dikutip dari okezone.com, HR Muslim meriwayatkan dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah melarang umatnya makan dan minum menggunakan tangan kiri. “Janganlah kamu makan dan minum menggunakan tangan kiri karena yang makan dan minum menggunakan tangan kiri hanyalah setan.” Hal ini menegaskan bahwa tangan kanan lebih dimuliakan daripada tangan kiri.

Anjuran untuk menggunakan tangan kanan saat melakukan aktivitas positif ini harus diikuti oleh mereka yang memiliki kondisi fisik sehat tanpa cedera apa pun. Penggunaan tangan kiri saat makan atau bekerja akan dikecualikan bagi mereka yang mengalami cacat, luka, atau sakit pada tangan kanan.

Nah, sekarang Bright Friends sudah tahu kan, mengapa sejak kecil para orang tua kerap mengingatkan kita untuk melakukan aktivitas menggunakan tangan kanan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life