DCSIMG

How To Be Happy

Menangis Saat Mendengarkan Musik Menimbulkan Perasaan Bahagia

Oleh BrighterLife.co.id

Konon, menangis hanya dilakukan oleh perempuan karena lelaki tidak terbiasa meneteskan air mata dalam kondisi apa pun. Padahal, ada momen kebahagiaan yang bisa kamu rasakan saat meneteskan air mata, wahai, para lelaki.

Seakan ada sebuah “peraturan” tidak tertulis yang menyatakan bahwa apa pun kondisinya, pantang bagi seorang lelaki untuk mengungkapkan perasaan, terlebih jika harus menangis dalam keadaan sedih. Sedangkan, di sisi lain,  seorang perempuan yang tiba-tiba menitikkan air mata ketika sedang menonton atau mendengarkan lagu tertentu dianggap sebagai hal yang wajar.

Sebuah penelitian yang diungkapkan dalam Scientific Reports mengungkapkan bahwa menangis, tepatnya saat sedang mendengarkan lagu sedih, dapat membuat orang lebih bahagia. Para peneliti juga telah melakukan survei singkat untuk menilai reaksi partisipan terhadap musik, yakni seberapa sering mereka merasa ingin menangis atau merinding ketika mendengarkan musik. Para peserta penelitian diperdengarkan beberapa lagu yang dipilih untuk membangun situasi emosional yang akan membuat perubahan pada detak jantung mereka.

Ketika partisipan sudah terbawa oleh suasana dan meneteskan air mata, maka mereka harus menekan tombol yang disediakan. Dalam penelitian ini, partisipan pun harus menggerakkan kursor di layar sebanyak perasaan bahagia yang mereka rasakan. Hasilnya? Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang merinding dan menangis ketika mendengarkan musik cenderung menarik napas dalam-dalam dan mengalami suasana hati yang lebih baik atau lega.

Artinya, tidak ada salahnya kita, lelaki maupun perempuan, meluapkan perasaan atau menangis sekalipun ketika merasa hal itu tidak perlu dilakukan. Menangis tidak akan membuat siapa pun terlihat lemah, tetapi justru membuat kita menjadi pribadi yang lebih bisa menerima kenyataan dan berdamai dengan diri sendiri. Kalau menangis juga bisa membuat kita lebih baik, kenapa tidak?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life