DCSIMG

Inspiring Story

Mengenal ‘Headhunter’ Lebih Dekat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Pada era serba digital seperti saat ini, mencari pekerjaan lebih mudah dengan adanya berbagai platform dan aplikasi pencari kerja. Tinggal cantumkan data diri dan pengalaman kerja, kamu akan langsung mendapatkan peluang kerja yang sesuai dengan minat, belum lagi peluang dihubungi oleh headhunter.

Istilah headhunter makin sering terdengar di telinga beberapa tahun terakhir. Bagi para pencari kerja yang aktif mencari peluang di dunia maya, headhunter menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan. Tak hanya menjadi incaran para pencari kerja, headhunter juga menjadi andalan perusahaan untuk mencari kandidat sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Dilansir dari jobplanet, headhunter merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut profesi konsultan yang bertugas merekrut atau mencari kandidat pekerja sesuai dengan kualifikasi klien (dalam hal ini perusahaan). Berbeda dengan HRD yang ada di setiap perusahaan, headhunter juga memberikan jasa konsultasi rekrutmen.

Umumnya, perusahaan memang memiliki HRD, tetapi tidak jarang perusahaan-perusahaan tersebut juga membutuhkan bantuan dari tenaga ahli dari luar kantor untuk menyaring kandidat potensial yang berpeluang menjadi karyawan mereka. Headhunter bekerja atas nama perusahaan, karena itu kewajiban menggaji karyawan menjadi tanggung jawab perusahaan. Hal ini berbeda dengan jasa outsourcing yang merekrut karyawan untuk kemudian dialihdayakan ke perusahaan tertentu.

Umumnya, para pencari kerja tidak meminta headhunter untuk dicarikan pekerjaan. Headhunter-lah yang akan menghubungi calon karyawan yang memiliki kualifikasi sesuai permintaan klien. Namun tidak ada salahnya juga kamu mencoba mengirimkan CV kepada headhunter sebagai database jika suatu saat kemampuanmu sesuai dengan kualifikasi perusahaan impian. Semoga beruntung!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life