DCSIMG

How To Be Happy

Yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Terlilit Utang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kesulitan ekonomi membuat pasangan mengambil pinjaman tanpa mendiskusikannya denganmu terlebih dahulu? Lantas, bagaimana seharusnya kamu bersikap saat akhirnya mengetahui hal ini? Tentu kamu tak bisa berdiam diri saja, tetapi Bright Friends pun tak perlu “menginterogasi” pasangan dengan pertanyaan yang menyudutkan. Ketimbang melakukan hal yang makin memperkeruh keadaan, ada baiknya menerapkan beberapa hal berikut untuk mengatasi masalah.

Tanyakan kebenarannya

Kamu bisa saja mendengar hal ini dari orang lain atau bukan dari pasanganmu sendiri. Sebelum membahasnya secara mendalam, tanyakan soal kebenaran kabar tersebut dengan santai dan hindari pertanyaan yang terkesan menuduh. Jika benar, kamu bisa menanyakan alasannya.

Cari tahu nominal pinjaman

Kamu tentu berhak untuk mengetahui jumlah pinjamannya. Setelah itu, yakinkan kepada pasangan bahwa dua orang yang memikirkan masalah tersebut lebih baik ketimbang seorang saja. Dengan begitu, pasangan akan merasa aman dan tenang saat menceritakan detail permasalahan.

Hindari saling menyalahkan

Meskipun alasan pasangan meminjam dana tak bisa kamu terima sepenuhnya, tetap usahakan untuk tak menyalahkan dia. Sikap tersebut justru akan memicu pertengkaran yang lebih besar. Daripada menyalahkan, lebih baik ikut memikirkan solusinya, bukan?

Bantu pasangan menyelesaikan masalah

Utang-piutang adalah masalah yang tak bisa disepelekan, apalagi jika pinjaman yang diambil mempunyai bunga tinggi. Cobalah bantu pasangan mencari jalan keluar, misalnya, menekan pengeluaran dan mengorbankan gaya hidup, atau menjual aset dan mencari penghasilan tambahan.

Dalam mengatasi masalah ini, kamu harus bersikap netral dan berpikir logis serta optimis akan ada jalan keluarnya, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life