DCSIMG

How To Be Wealthy

Menabung atau Investasi?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Buatmu yang baru bekerja, mendapatkan gaji pertama tentu menjadi momen paling ditunggu. Namun ingat, jangan sampai lepas kendali. Sisihkan uangmu untuk kebutuhan masa depanmelalui tabungan dan investasi

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk keperluan masa depan sebenarnya menjadi salah satu hal wajib buatmu yang sudah memiliki penghasilan, walaupun sebagian orang masih beralasan kalau penghasilan mereka belum cukup untuk disisihkan sebagian. Yakin itu alasannya? Biasanya, mereka yang beralasan tidak memiliki cukup dana justru adalah orang-orang yang seringkali tidak bisa mengerem keinginan setiap kali ada uang di tangan. Makanya, coba evaluasi lagi arus kasmu dan pastikan bisa menyisihkan sebagian dari gaji bulanan secara teratur. Asal ada niat, pasti ada jalan.

Ada dua cara yang bisa kamu tempuh untuk mengelola uang demi keperluan di masa depan, yakni melalui investasi dan juga tabungan. Investasi saat ini kian populer di kalangan masyarakat. Imbal hasil yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan menjadi daya tarik utama. Namun jangan berharap kamu bisa langsung menikmati imbal hasil investasimu. Pasalnya, investasi merupakan pengelolaan keuangan untuk jangka panjang. Sedikitnya, kamu baru bisa menikmati imbal hasil dalam kurun waktu tiga tahun.

Dulu, investasi identik dengan dana dalam jumlah besar. Kini, pemerintah dan pihak terkait mengeluarkan regulasi yang memungkinkan masyarakat untuk bisa berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000. Buatmu yang punya budget terbatas, reksa dana menjadi instrumen tepat untuk berinvestasi. Atau, jika kamu ingin mendapatkan manfaat ganda, kamu bisa memilih produk asuransi yang sekaligus memberikan manfaat proteksi dan investasi atau yang biasa disebut unit link.

Investasi memang memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan, tetapi bukan berarti tabungan tidak memberikan keuntungan buatmu, Bright Friends. Tabungan sebaiknya digunakan untuk menyimpan uang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan jangka pendek atau menyimpan dana yang sewaktu-waktu bisa diambil—dengan kata lain dana darurat. Untuk urusan yang satu ini, tabungan bisa diandalkan mengingat dana investasi tidak bisa begitu saja dicairkan karena memerlukan proses beberapa hari bursa.

Nah, dari penjelasan di atas, sudah paham, kan, perbedaan fungsi investasi dan tabungan dalam manajemen keuanganmu? Sekarang, bulatkan tekad untuk mulai menyisihkan penghasilan demi kepentingan masa depan.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life