DCSIMG

How To Be Happy

Dampak Kekurangan Nutrisi pada Tubuh Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Nutrisi lengkap sangat dibutuhkan anak untuk menyempurnakan proses tumbuh-kembang mereka. Karena itu, sebagai orangtua, kamu berperan untuk memenuhi kelengkapan nutrisi si kecil agar mereka tercegah dari gangguan kesehatan dan kepribadian.

Umumnya, anak-anak begitu aktif bergerak—melompat, berlari, melempar, dan menendang—sehingga rawan terhadap luka saat beraktivitas. Anak-anak yang kekurangan salah satu komponen nutrisi, dalam hal ini vitamin C, akan mengalami proses pemulihan luka yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang asupan vitamin C-nya tercukupi. Lambatnya penyembuhan luka tentu akan berdampak pada terhambatnya aktivitas lain si buah hati karena membuat mereka tidak nyaman bergerak. Selain vitamin C, anak yang kekurangan asupan vitamin D juga berpeluang sembuh dari cedera tulang lebih lama.

Kelengkapan asupan nutrisi anak menjadi masalah pada hampir semua penduduk dunia. Untuk kasus defisiensi vitamin A, misalnya, hampir di separuh bagian negara di dunia, anak-anak usia balita dan juga para ibu mengalami kekurangan asupan vitamin A. Masalah ini kemudian menimbulkan potensi gangguan penglihatan. Kekurangan vitamin jenis ini dapat diatasi dengan konsumsi sayur dan buah yang merupakan sumber alami vitamin A. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih jenis makanan yang telah difortifikasi vitamin A sebagai asupan si kecil.

Di sisi lain, kekurangan nutrisi pada anak bukan hanya berpeluang menimbulkan gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi juga membuat anak tumbuh menjadi pemurung. Kekurangan vitamin B, misalnya, dapat membuat anak cepat lemas dan memiliki napas tersengal-sengal. Akibatnya, si kecil tidak bersemangat untuk bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya mereka di luar rumah. Tidak mau, kan, si kecil tumbuh tanpa semangat? Yuk, pastikan asupan nutrisinya terpenuhi, Bright Friends.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life