DCSIMG

Inspiring Story

Atasan Tidak Bisa Kerja, Jadi Penyebab Karyawan Resign

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Beberapa di antara kamu tersenyum saat membaca judul di atas? Teringat oleh cerita teman atau justru mengalami sendiri kasus serupa?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Harvard Business Review, alasan karyawan pindah kerja tak selalu dipicu oleh beban pekerjaan, tetapi bisa juga karena bos yang tidak kompeten. Tak hanya itu, studi tersebut juga menemukan fakta bahwa kepuasan karyawan ditentukan oleh potensi dan kecerdasan atasan.

Pasti ada di antara kamu yang berpengalaman memiliki atasan yang enggan membantu atau justru melimpahkan pekerjaan yang seharusnya ia tuntaskan kepadamu. Karena enggan mengakui keterbatasan yang dimiliki, tak sedikit juga atasan yang menggunakan alasan sibuk atau tidak punya waktu ketika anak buah meminta bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Alhasil, sikap yang tidak profesional tersebut “memakan korban” karyawan dengan kinerja cemerlang. Mereka memutuskan hengkang dari perusahaan karena merasa tidak mendapat bimbingan, bahkan memiliki beban pekerjaan lebih berat dibandingkan dengan bos.

Studi yang dilakukan pada 35.000 orang karyawan dari berbagai perusahaan di Amerika dan Inggris tersebut akhirnya sampai pada kesimpulan tentang kriteria seorang atasan yang inspiratif bagi bawahannya. Adapun kriteria atasan yang ideal adalah sebagai berikut:

  1. Atasan selalu ada saat dibutuhkan oleh anak buah
  2. Atasan mendapatkan posisi saat ini karena merintis dari posisi bawah. Dan, pada kenyataannya, para karyawan akan lebih senang dipimpin oleh atasan yang menguasai bidang pekerjaan yang mereka geluti.

Nah, jika saat ini kamu memiliki atasan yang menurutmu kurang kompeten, apakah kamu memilih mengundurkan diri atau justru malah menunjukkan performa terbaik dengan harapan suatu saat bisa menggantikan posisinya? Bagikan pendapatmu, yuk!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life