DCSIMG

Inspiring Story

Hindari Alasan Ini untuk Meminta Kenaikan Gaji

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Supaya permohonan kenaikan gaji bisa dipertimbangkan oleh atasan, kamu harus memilih momen dan alasan yang tepat. Jangan sampai salah strategi yang malah membuat si bos “naik darah”.

Harga-harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan secara berkala memang memaksa kita untuk pintar membuat perencanaan keuangan bulanan. Sebagai salah satu dampaknya, karyawan pun kerap meminta adanya penyesuaian gaji dari perusahaan setiap tahun. Sebenarnya, kenaikan gaji tahunan adalah kebijakan perusahaan yang juga menjadi kesepakatan antara karyawan dan perusahaan pada saat perekrutan.

Jika kamu sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu dan merasa berhak mendapatkan penyesuaian gaji, tidak ada salahnya mengajukan permohonan kenaikan kepada atasan. Namun sebaiknya lakukan dengan strategi tepat dan hindari alasan berikut.

Saya giat bekerja”

Semua karyawan bisa saja mengklaim sudah giat bekerja, padahal pekerjaanmu ya memang menjadi tanggung jawabmu. Kamu hanya akan menjadi bahan tertawaan jika memakai alasan ini untuk mengajukan kenaikan gaji. Coba utarakan satu persatu prestasi atau proyek yang berhasil kamu menangkan selama bergabung di perusahaan. Dengan begitu, atasan memiliki gambaran jelas dan bisa mempertimbangan penyesuaian gajimu.

Gaji si A lebih tinggi daripada saya”

Jangan sampai kamu melontarkan alasan seperti ini, Bright Friends. Membawa nama orang lain saat menegosiasikan gaji bukanlah hal bijak. Kalau kamu tahu ada rekan yang digaji lebih besar, tidak ada salahnya mencoba mengevaluasi diri.

Saya memiliki masalah keuangan”

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah keuangan. Kalau semua karyawan menghadap atasan dengan alasan sama, apa iya perusahaan harus menaikkan gaji mereka? Cobalah mengevaluasi diri, jangan-jangan ada yang salah dengan rencana keuangan bulananmu sehingga besar pasak daripada tiang. Selain itu, untuk mencari solusi kebutuhan keluarga, kamu juga bisa mencari nafkah tambahan dengan bekerja lepas. Namun jika ada keperluan keuangan mendadak dalam jumlah besar, mengajukan pinjaman ke perusahaan akan lebih terlihat bertanggung jawab dibandingkan menghadap atasan untuk meminta kenaikan gaji.

Pada dasarnya, untuk mendapat kenaikan gaji tidak terlalu sulit. Resepnya adalah bekerja sebaik-baiknya dan biarkan atasan melihat sendiri prestasi yang kamu capai. Dengan sendirinya, “hargamu” pasti naik.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life