DCSIMG

How To Be Wealthy

Halal Sebagai Gaya Hidup Universal

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Seiring dengan penyebaran agama Islam di seluruh dunia, maka seluruh aspek yang meliputinya pun ikut dikenal, salah satunya konsep halal sebagai gaya hidup umat muslim. Halal sendiri berarti segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan. Sinonim halal adalah thayyib, yang berarti baik.

Sekarang ini, gaya hidup halal bahkan tak hanya diadopsi oleh umat muslim, tetapi telah menjadi tren masyarakat dunia. Mulai dari produk pangan, mode, kosmetik, obat-obatan, keuangan, hingga pariwisata halal diburu oleh berbagai kalangan.

“Saat ini, pilihan masyarakat telah bergeser dari memilih produk murah dan sehat ke produk yang aman, sehat, dan halal. Produk halal, di samping terjamin kesyariahannya, juga diyakini mengandung keberkahan,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW) Ikhsan Abdullah.  Ia pun menerangkan bahwa saat ini berbagai negara tengah berlomba membangun industri halal guna memenuhi pasar dunia yang potensinya sangat besar, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Timur Tengah, Turki, Rusia, Afrika, dan negara-negara Eropa.

Melihat fenomena tersebut, Ikhsan juga berkata bahwa Indonesia bisa menata kembali komoditas ekspornya dengan membangun industri yang berbasis bahan pangan dan produk halal guna menggerakkan kembali kegiatan ekspor kita yang selama ini terpuruk. Pemerintah wajib melaksanakan UU Jaminan Produk Halal (UU No 33 tahun 2014) dengan segera menerbitkan peraturan pelaksanaanya dan regulasi pendukung lainnya. Selain itu, pemerintah juga disarankan untuk segera membangun infrastuktur sebagai penunjang industri halal, di antaranya pelabuhan, kargo udara, kawasan industri, dan logistik seperti yang sudah mulai dipersiapkan oleh negara lain.

Menurutnya, negara-negara tersebut sudah sangat serius dalam menciptakan regulasi dan infrastruktur industri halal untuk mendorong peningkatan produk halal di pasar global. Pengalaman Malaysia dan Singapura, produk ekspornya melejit hingga di atas 25 persen dari total nilai ekspor selama sepuluh tahun terakhir. Maka, Indonesia pun jelas bisa mendapat keuntungan yang sama atau bahkan lebih besar jika penataannya dimulai dari sekarang.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life