DCSIMG

How To Be Wealthy

Dengan Cara Ini, Tak Perlu Repot Mencatat Pengeluaran Harian

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Mencatat pengeluaran secara detail setiap harinya memang baik dilakukan agar pengeluaran terpantau. Namun cara seperti ini sering luput dilakukan, apalagi saat kita sedang sibuk. Nah, tak perlu khawatir, ada cara lain agar kita dapat memantau pengeluaran tanpa perlu mencatatnya setiap saat.

  1. Sistem multirekening

Coba pisahkan antara rekening untuk menerima gaji, rekening untuk menabung, dan rekening untuk investasi. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk memisahkan antara uang yang boleh dipakai dan yang tidak.

2. Bayar kartu kredit dan semua cicilan

Satu hal yang harus disadari adalah, penghasilan kita ada batasnya. Ini seharusnya menjadi pertimbangan tentang besaran cicilan yang mampu kita ambil atau kita bayarkan. Jangan sampai kamu membayar cicilan yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatanmu perbulan. Kedua, pastikan semua cicilan dan tagihan kartu kredit dibayarkan tepat waktu, atau agar lebih praktis pertimbangkan sistem auto-debit.

3. Bereskan semua kewajiban di tanggal 1 sampai dengan 5

Setelah menerima gaji bulanan, segera bereskan segala kewajibanmu di antara tanggal 1 sampai dengan 5, mulai dari pengeluaran sosial (sedekah, donasi, dll.), biaya sewa rumah, listrik, air, gas, pulsa, sampai dengan belanja bulanan. Ini dilakukan agar segala kebutuhan utama terpenuhi sebelum uang terpakai untuk membeli hal yang kurang bermanfaat.

4. Investasi di depan

Orang seringkali beranggapan bahwa investasi baru bisa dilakukan setelah sisa uang bulanan terkumpul. Padahal, pemikiran seperti ini salah besar. Idealnya, investasi dilakukan di depan, karena kalau menunggu sisa gaji untuk berinvestasi, bisa dipastikan kamu tak akan pernah melakukannya. Ya, uangmu keburu habis untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

5. Uang mingguan, bebas dihabiskan

Setelah selesai dengan semua pengeluaran bulanan (termasuk berinvestasi), artinya uang yang tersedia di rekening gaji bebas untuk dipakai sampai dengan akhir bulan tanpa perlu kamu catat lagi. Selebihnya, kamu tinggal membuat alokasi anggaran mingguan saja.

Bagaimana, mudah kan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life