DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Hemat Listrik Untuk Manfaat Jangka Panjang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kebiasaan berhemat tak hanya bisa dilakukan saat berbelanja kebutuhan bulanan, Bright Friends. Dalam keseharian, kamu juga bisa menerapkan hal-hal berikut ini sebagai upaya untuk berhemat, salah satunya adalah dengan bijak menggunakan listrik.

Sudah tahukah, peralatan listrik rumah tangga apa yang mengkonsumsi listrik sangat besar? Beberapa di antaranya adalah setrika, rice cooker, pengering rambut, pendingin ruangan, microwave, kulkas, dan lampu pijar.

Lalu, apa yang kita bisa lakukan untuk menghemat pemakaian listrik? Pada umumnya, kita dapat memilih perangkat elektronik yang hemat energi dan membatasi penggunaannya.

Pendingin ruangan biasanya mengonsumsi listrik paling besar, apalagi jika digunakan seharian penuh. Solusinya, pilih pendingin ruangan dengan daya hemat (low wattage atau tipe inverter), matikan saat tidak digunakan atau pasang pengatur waktu untuk mengatur kapan pendingin ruangan hidup dan mati, kemudian menyervisnya secara berkala karena pendingin ruangan yang kotor mengonsumsi listrik lebih besar.

Selain pendingin ruangan, selektif pulalah dalam memilih lampu pijar. Agar lebih hemat, gunakan lampu LED. Memang harga belinya lebih mahal dibandingkan lampu biasa, tapi lampu LED adalah investasi yang menghemat biaya listrik bulanan dalam jangka panjang.

Kulkas juga cukup berkontribusi dalam pemakaian listrik, apalagi fungsinya yang dibutuhkan sepanjang hari. Untuk berhemat, coba atur tingkat dinginnya menjadi low, artinya kulkas hanya menggunakan energi minimum untuk mendinginkan suhu. Proses pendinginan makanan memang menjadi lebih lama dengan pengaturan ini, tapi dalam jangka panjang pemakaian listrik jadi jauh lebih hemat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life