DCSIMG

How To Be Happy

Berbagi Kabar Gembira Adalah Bagian dari Sedekah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Tak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri—termasuk kemajuan zaman. Teknologi berkembang pesat, begitu juga dengan cara orang berkomunikasi. Kemudahan dalam mengirim kabar atau pesan bahkan bisa dilakukan hanya dalam satu kali klik.

Media sosial adalah salah satu produk dari kecanggihan teknologi yang langsung mendunia. Setiap kejadian dapat diketahui oleh manusia di belahan bumi lain, hanya dalam hitungan detik. Setiap kabar, baik maupun buruk, dapat diterima secepat kilat. Nah, inilah yang mesti diwaspadai. Siapa pun akan dengan mudah membagikan kabar tanpa memedulikan risikonya. Terkadang, kita bahkan tak berpikir dampaknya terhadap masyarakat luas, bahwa perpecahan dan pertikaian sangat mungkin terjadi dari berita yang kita sebarkan.

Dalam Ensiklopedi Akhlak Muhammad, dijelaskan oleh Mahmud al-Mishri bahwa membiasakan diri untuk membawa kabar gembira untuk orang sekitar termasuk dalam kesempurnaan iman. Menyebarkan kabar gembira bisa mendatangkan kebahagiaan untuk orang lain—dan mendatangkan kebahagiaan merupakan sedekah.

Dalam riwayat Thabrani, dijelaskan bahwa manusia yang paling bermanfaat adalah yang dapat mendatangkan kebahagiaan kepada sesama. Ya, dalam Islam, anjuran menyampaikan kabar gembira tersebut sangat ditekankan. Berbagi kabar gembira memiliki banyak manfaat, seperti melapangkan dada seseorang serta membahagiakan hatinya. Selain itu, berbagi kabar bahagia juga dapat memperkuat tali silahturahmi antara pemberi dan penerima kabar. Ini sekaligus mendatangkan ketenangan dan kenyamanan dalam hidup sosial. Memberi kabar gembira adalah bagian dari kebiasaan para nabi dan rasul. Kegiatan positif ini termasuk unsur tak terpisahkan dari akhlak Rasulullah SAW.

Meski begitu, kabar baik pun sering disalahartikan sebagai kabar buruk, tergantung dari penerimaan setiap orang. Oleh karena itu, berpikir ulanglah sebelum membagikan berita agar tak menyinggung pihak manapun. Pikirkan kembali esensi berita yang hendak dibagikan sebelum memencet tombol share di media sosial, Bright Friends.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life