DCSIMG

How To Be Happy

Jangan Hanya Kesuksesan, Ajari Juga Si Kecil tentang Kegagalan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

feb-4-4

Hidup itu seperti roda yang berputar—kadang kita berada di atas, dan kadang di bawah. Hidup juga tak selalu bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Kita bisa tertawa hari ini, tapi bisa menangis keesokan harinya. Kita sebagai manusialah yang harus pintar-pintar menyikapi hal tersebut.

Saat menjadi orangtua, kita tentu perlu mengenalkan si kecil pada kenyataan di atas agar ia bisa bertahan menghadapi masalah dan sukses menghadapi kehidupan di masa mendatang. Si kecil akan menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri jika kita menempa mentalnya sejak dini, salah satunya, “memberi kesempatan” kepada si kecil untuk merasakan kegagalan.

BIasanya, saat bermain dengan anak, orangtua akan mengalah—membiarkan mereka menang dengan mudah. Anak memang akan senang, tapi hal ini tak baik untuk perkembangan kepribadiannya. Sesekali, perlihatkan bahwa hidup adalah kompetisi sehingga ada pihak yang menang dan yang kalah. Jika memang tak bisa unggul dalam kompetisi, ajari anak bersiap untuk kalah dan bagaimana menerima kekalahan tersebut dengan hati lapang. Biarkan ia belajar dari kegagalan demi kegagalan hingga akhirnya bisa mengendalikan emosi dan mengubahnya jadi energi untuk bangkit dari kekalahan tersebut.

Dalam kehidupan yang sebenarnya, tantangan dan kesulitan yang akan dihadapi oleh si kecil jelas jauh lebih sulit. Karena itulah, ia perlu mengenali kegagalan agar tak lagi mengenal kata putus asa atau menyerah begitu saja. Ia tak akan mudah stres saat melakukan sebuah kesalahan. Juga, ini bisa membantu anak untuk lebih percaya diri dan berani mengambil risiko untuk mencapai impian.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life