DCSIMG

How To Be Wealthy

Mana yang Lebih Baik, Pakai Uang Tunai Atau Non-Tunai? (2)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

feb-4-1

Kecanggihan teknologi menghasilkan kepraktisan. Produk perbankan dan belanja pun ikut menawarkan berbagai kepraktisan dengan basis teknologi terkini, salah satunya teknologi non-tunai. Sayangnya, di Indonesia, keterbatasan teknologi masih menjadi kendala yang cukup besar, sehingga metode non-tunai ini tak bisa menjangkau pelosok daerah.

Jika melihat lebih dalam, pemakaian uang tunai dan non-tunai memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Setelah membahas soal untung-rugi menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran, kini kami akan membahas uang non-tunai.

  1. Lebih mudah digunakan

Non-tunai jelas lebih praktis dan mudah dipakai. Bagaimana tidak, dengan sebuah kartu, kita bisa melakukan berbagai macam transaksi.

  1. Lebih aman

Membawa non-tunai seperti kartu debit atau kredit dapat mengurangi risiko menjadi korban kriminalitas. Kamu tak perlu repot mencari cara untuk menyimpan uang tunai saat di perjalanan.

  1. Tak memerlukan banyak tempat

Kamu hanya perlu satu kartu untuk berbagai transaksi, sehingga dompet menjadi lebih lowong karena tak memerlukan banyak tempat untuk menyimpan uang tunai.

  1. Non-tunai bisa “menjebak”-mu berutang

Terkadang, karena praktis dan mudah, kamu sampai tak sadar kalau uangmu habis. Atau, jika menggunakan kartu kredit, kamu lupa kalau ada tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

  1. Tak semua tempat dapat melayani transaksi non-tunai

Seperti yang sudah disampaikan di atas, beberapa toko atau transportasi umum mengharuskan kita membayar dengan uang tunai. Keterbatasan teknologi membuat non-tunai belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

  1. Risiko bahaya kejahatan perbankan

Di balik segala kemudahannya, terdapat satu hal yang sering menghantui para pengguna non-tunai terutama kartu kredit, yaitu cyber crime. Kasus pembobolan rekening melalui internet sering terjadi jika kita tak berhati-hati. Selalu komunikasikan dengan pihak bank jika kamu menemui hal mencurigakan saat bertransaksi.

Nah, dengan melihat kelebihan dan keuntungan uang tunai maupun non-tunai, maka kamu bisa memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Yang terpenting, tetap lakukan perencanaan dan kelola uangmu secara bijaksana agar tak terjadi kesalahan yang menyebabkan kesulitan finansial di kemudian hari.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life