DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenal Lebih Jauh Unit Link Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

feb-2-5Unit link merupakan salah satu jenis produk asuransi yang memadukan manfaat proteksi dan investasi. Sebagai produk multiguna, unit link memberikan kemudahan bagimu dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga. Hanya dengan satu produk, kamu dapat memanfaatkannya untuk keperluan biaya pendidikan, menikmati masa pensiun, dan tentunya perlindungan jiwa.

Tak hanya tersedia pada asuransi konvensional, unit link juga disediakan oleh beberapa perusahaan asuransi syariah lho, Bright Friends. Unit link syariah merupakan perlindungan asuransi syariah melalui usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset yang sesuai dengan prinsip syariah, dengan kata lain hanya boleh ditempatkan pada produk keuangan yang tak bertentangan dengan prinsip syariah, seperti tabungan pada bank syariah, deposito di bank syariah, obligasi syariah (sukuk) dan saham syariah yang terdapat pada Daftar Efek Syariah (DES).

Seperti pada asuransi konvensional, peserta asuransi unit link syariah harus membayar kontribusi setiap jangka waktu tertentu, seperti bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan. Peserta juga membayar kontribusi untuk dua porsi, yaitu porsi perlindungan dan porsi investasi yang diserahkan kepada manajer investasi untuk dikelola.

Pada beberapa produk, jika return investasi cukup besar, maka peserta unit link syariah memiliki pilihan untuk tidak membayar kontribusi karena sudah ditutup dari return investasi. Kepemilikan dana investasi pun merupakan hak peserta. Perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelola investasi tersebut.

Berbeda dengan unit link konvensional yang tak mengenal pembagian keuntungan, unit link syariah membaginya menjadi dua, keuntungan untuk perusahaan dan keuntungan untuk peserta, sesuai prinsip bagi hasil dengan porsi yang telah ditentukan dalam akad. Peserta juga bebas menentukan jenis dana investasi yang diinginkan. Setidaknya, terdapat empat pilihan, yaitu cash fund (investasi sebagian besar pada instrumen pasar uang syariah), fixed income (investasi sebagian besar pada instrumen obligasi syariah), balance fund (investasi sebagian besar pada saham dan obligasi syariah), dan equity fund (investasi sebagian besar dalam saham-saham yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah).

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life