DCSIMG

How To Be Wealthy

Ini Negara-negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

feb-1-1

 

Bright Friends memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tapi terhambat oleh biaya yang besar? Tenang, dikutip dari beberapa sumber, ada tiga negara yang memiliki kualitas pendidikan baik dengan biaya terjangkau. Simak penjelasannya sebagai referensimu.

Jerman

Biaya studi di Jerman relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain. Rata-rata biaya kuliah di Jerman adalah €500 tiap semester atau sekitar Rp7,2 juta. Biaya administrasi kuliah adalah €106,5 atau sekitar Rp1,5 juta tiap semester. Sementara itu, soal biaya hidup, pemerintah Jerman mematok sekitar €670 atau sekitar Rp9,6 juta perbulan. Ini sudah termasuk biaya makan, transportasi, akomodasi, asuransi kesehatan, plus biaya telepon dan internet, Bright Friends. Jerman juga banyak menawarkan beasiswa untuk mahasiswa S1, S2, hingga S3, jadi kamu harus rajin mencari informasi.

Austria

Mahasiswa dapat belajar secara gratis (atau dengan biaya yang sangat rendah) di Austria. Mahasiswa EA/EEA memiliki hak sama terkait biaya pendidikan, dan dapat belajar selama dua semester secara gratis pada setiap tingkat. Setelahnya, mereka hanya perlu membayar 390 USD atau Rp5,6 juta tiap semester. Sementara itu, mahasiswa internasional dari luar Uni Eropa atau EEA harus membayar biaya lebih tinggi, yaitu sekitar 790 USD atau Rp11,4 juta persemester. Wina, ibukota Austria, menduduki peringkat ke-20 dalam QS Best Student Cities 2015, lho.

Italia

Meskipun perguruan tinggi swasta di Italia memiliki biaya lebih mahal, yaitu sekitar 17,360 USD atau Rp250 juta pertahun, ternyata biaya pendidikan di perguruan tinggi negeri jauh lebih murah, yaitu antara 920 – 1,080 USD atau mulai dari Rp13 juta sampai dengan Rp15,5 juta pertahun untuk program Sarjana. Mahasiswa Uni Eropa yang memenuhi syarat juga bisa memiliki peluang pendanaan yang sama seperti mahasiswa Italia, termasuk pinjaman, hibah, beasiswa, hingga keringanan biaya. Biaya hidup di Italia juga tidak semahal yang kita kira kok, yaitu sekitar 1,300 USD atau Rp18,7 juta tiap bulannya. Tahun 2015 lalu, Milan menempati peringkat ke-36 dalam QS Best Student Cities.

 

Jadi, sudah memutuskan akan melanjutkan pendidikan di mana, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life