DCSIMG

How To Be Healthy

Ini Dia Hidup Sehat ala Rasulullah. Yuk, Terapkan!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-4-6

Mempunyai tubuh sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat beraktivitas secara maksimal. Pada dasarnya, gaya hidup sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, tidak jarang kita melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti berdiet, olahraga, atau mengonsumsi suplemen tambahan yang terkadang justru menimbulkan penyakit jangka panjang. Nabi Muhammad SAW termasuk salah satu tokoh yang menjadi panutan dalam penerapan gaya hidup sehat, dan pola hidup sehat ala Rasulullah telah terbukti manfaatnya. Gaya hidup sehat yang diterapkan Rasulullah adalah hal-hal sederhana yang ternyata mempunyai dampak besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, selalu duduk saat makan dan minum. Secara medis, ternyata rongga dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan maksimal bila seseorang ada dalam posisi berdiri.

Saat duduk, rongga dalam sistem pencernaan jadi lebih terbuka sehingga ketika makanan ditelan, sistem pencernaan tubuh telah siap menerimanya. Ini menghindarkanmu dari gangguan kesehatan. Gaya hidup sehat sederhana ala Rasulullah lainnya adalah rajin berpuasa. Selain puasa Ramadhan, Beliau juga melakukan puasa pada Senin dan Kamis. Secara medis, dengan berpuasa, kerja organ tubuh akan lebih relaks sehingga emosi mudah terkontrol. Puasa juga mengontrol jumlah makanan dalam tubuh sehingga pencernaan bekerja lebih seimbang.

Nabi Muhammad SAW juga selalu menggunakan tangan kanan saat makan. Perlu diketahui, penelitian medis membuktikan bahwa saat tangan kanan bergerak sewaktu makan, syaraf otak kiri akan bekerja dan aktif. Otak kiri yang aktif berfungsi menghasilkan pikiran yang tetap fokus. Dalam salah satu riwayat pernah menceritakan, bahwa Rasulullah selalu menyarankan untuk tidur ke arah kanan. Perintah Rasulullah untuk berbaring di atas rusuk sebelah kanan ini memberikan efek medis yang sangat baik. Posisi tidur miring ke arah kanan dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan lambung dan banyak organ lainnya menurut ilmu kesehatan. Posisi tidur ke arah kanan menyebabkan banyak organ-organ penting tubuh tidak tertindih/tertekan oleh organ lain. Sebagai contoh jika miring ke arah kanan, maka jantung tidak tertekan oleh berat tubuh, sehingga aliran darah ke jantung lancar / normal. Hal ini adalah sebagian manfaat dari posisi tidur miring ke arah kanan dapat menjadi solusi tepat bagi kesehatan.

Rasulullah pun sangat menjaga agar selalu mendapat istirahat yang cukup. Beliau membagi waktu menjadi tiga: 1/3 waktu untuk bekerja, 1/3 untuk ibadah, dan 1/3 untuk istirahat. Dunia medis sepakat bahwa tidur cukup selama 8 jam sehari akan mengembalikan metabolisme tubuh. Lalu, yang terakhir, Rasulullah selalu menerapkan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Secara medis, cara ini ternyata memelihara organ pencernaan. Jika pencernaan mengolah makanan secara berlebihan, maka ia akan bekerja ekstra dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit.

Nah, ternyata menjalankan gaya hidup sehat ala Rasulullah sangat mudah kan, Bright Friends? Yuk, dicoba!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life