DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Mulai Sikapi dengan Bijak “Kritikan Pedas” di Tempat Kerja

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-4-3Jika kamu ingin mencapai kesuksesan karier seperti yang diimpikan, tidak cukup hanya bermodal keahlian dan pengalaman. Kamu pun harus terbuka saat menerima kritikan dari rekan kerja, atasan, maupun kolega. Kritikan yang baik adalah yang bertujuan untuk membangun kinerjamu, tapi tidak sedikit memang yang menjurus kepada hinaan untuk menjatuhkan. Bagaimana sikapmu saat mendapat kritikan semacam ini?

Dengarkan baik-baik

Reaksi umum yang terjadi saat seseorang mendapat kritikan adalah defensif sebelum selesai mencerna dan memahami kritikan tersebut. Padahal, lebih baik kamu mendengarkan dulu secara menyeluruh agar tidak terjadi kesalahpahaman. Setelah mencernanya dengan baik, giliranmu untuk menerangkan. Jelaskan duduk perkaranya dengan sabar tanpa perlu menyalahkan diri sendiri maupun orang lain.

Jadikan kritikan sebagai evaluasi diri

Mencoba mengevaluasi diri atas kritikan yang kamu terima bisa jadi bahan bagimu untuk terus menjadi lebih baik, lho. Ini akan menambah kemampuanmu dalam pekerjaan yang kamu geluti. Percayalah, semakin sering dikritik, artinya kamu pun diberi perhatian lebih oleh orang lain dan itu menguntungkan.

Jangan melempar bola panas

Bagaimanapun pedasnya kritikan yang kamu dapatkan, jangan sampai menyalahkan orang lain. Ini bukanlah solusi tepat atas masalah apa pun yang sedang kamu hadapi. Menyalahkan orang lain justru akan menambah daftar kesalahan baru yang tentu juga memperkeruh keadaan di kantor. Lebih baik bersikap dewasa dan teruslah berusaha melakukan yang terbaik untuk pekerjaanmu, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life