DCSIMG

How To Be Wealthy

Jangan Panik Saat Kesulitan Finansial Menghampiri, Ada Solusinya

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-4-1

Masalah finansial tidak bisa disepelekan. Kamu harus pandai mengatur keuangan agar terhindar dari masa-masa sulit. Namun, ada kalanya hidup tidak sejalan dengan harapanmu. Masa-masa sulit itu sangat mungkin menghampiri suatu hari nanti. Dan jika hal itu terjadi, bukan berarti kondisi keuanganmu harus berantakan. Ini tipsnya.

Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu

Salah satu cara menghindari kesulitan keuangan adalah dengan berbelanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Buat daftar belanja dan berusaha patuh pada daftar tersebut. “Lakukan dengan penuh disiplin, jangan biarkan hati mengalahkan rasio saat belanja,” saran Nancy Register, Associate Director untuk Consumer Federation of America.

Hidup di bawah standar

Dalam kondisi ekonomi normal, kamu disarankan untuk hidup sesuai standar, bukan di atas kemampuan. Namun, saat masa sulit menerpa, kamu pun harus mampu beradaptasi dengan hidup di bawah standar. Salah satu cara berhemat adalah pintar-pintar mencari promo saat berbelanja. Atau, kamu pun bisa mulai menanam sayuran di halaman rumah agar ongkos belanja bisa dipangkas.

Tetap giat bekerja

Meski pekerjaanmu saat ini terasa membosankan, bila belum menemukan penggantinya, tetaplah bekerja. Usahakan amankan posisimu di perusahaan sekarang. Jangan lupa memupuk jaringan yang dapat membantu kariermu di masa depan. Yakinkan perusahaan bahwa kamu memang layak dipertahankan, bahkan dipromosikan, sehingga pemasukan bisa membantumu keluar dari masa-masa sulit finansial.

Periksa kembali asuransi

Memiliki asuransi sebagai proteksi memang baik, tapi jika yang kamu miliki terlalu banyak atau tidak sesuai dengan kebutuhan, sama saja merugikan. Karena itulah, lebih baik lakukan pengecekan ulang, apakah asuransimu sudah sesuai, atau justru makin memberatkan keuangan bulananmu. Carilah asuransi dengan premi terjangkau, tapi memiliki manfaat maksimal.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life