DCSIMG

How To Be Wealthy

Asuransi Syariah, Bisnis Paling Menjanjikan Tahun 2017

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-3-6Industri syariah di Indonesia terus menggeliat. Selain bisnis keuangan, sistem bisnis syariah agaknya mulai menjadi tren di bidang travel dan gaya hidup. Namun, di antara sekian banyak jenis bisnis syariah yang sedang berkembang, ada satu yang sesungguhnya memiliki potensi besar di Indonesia. Bisnis tersebut adalah asuransi syariah. Prediksi ini dilontarkan oleh Direktur Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah Otoritas Jasa Keuangan, Mochamad Muchlasin.

Muchlasin juga mengungkapkan bahwa walaupun penetrasi pasar masih rendah, kinerja asuransi syariah akan semakin berkembang pada 2017, bahkan akan menjadi pilihan proteksi serta investasi masyarakat. Dari data yang diperoleh sampai dengan Agustus 2016, penetrasi asuransi syariah baru mencapai 0,078 persen, semetara densitasnya Rp35.691. Rendahnya angka ini disebabkan oleh masih banyaknya tantangan yang dihadapi industri asuransi syariah, seperti keterbatasan modal, kapasitas sumber daya manusia, inovasi produk, juga literasi. Karena itulah, Muchlasin mengemukakan bahwa OJK siap mendukung industri dan pelaku usaha dalam pengembangan asuransi syariah. OJK juga akan mendorong kampanye asuransi syariah sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia, di samping memberikan pelatihan massal.

Taufik Marjunihadi—Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia—juga menegaskan perlu adanya kerja sama yang kuat antara pelaku industri dan pemangku kepentingan dalam meningkatkan kampanye mengenai prospek bisnis industri asuransi jiwa syariah. Pada sebuah survei, ditemukan fakta bahwa dalam tiga tahun terakhir hanya sekitar 9,6 persen masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang asuransi syariah, sementara 90,4 persen lainnya belum memahaminya. Kerja sama di antara kedua belah pihak dapat menciptakan sinergi dan peluang bagi industri asuransi syariah untuk kian berkembang. Para pelaku industri harus lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk asuransi jiwa syariah dengan jalur distribusi alternatif agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life