DCSIMG

How To Be Wealthy

Anak Malas Belajar? Klik untuk Dapatkan Solusi

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-3-3

Semua orangtua pasti senang memiliki anak yang rajin belajar. Namun, nyatanya, nggak sedikit yang mengeluh karena anak lebih memilih untuk bermain. Nah, tahukah kalau ada banyak hal yang dapat mempengaruhi munculnya sifat malas si kecil, mulai dari kebiasaan bermain sejak kecil, lingkungan pergaulan, maupun minimnya motivasi untuk belajar? Ada baiknya, para orangtua segera memberikan perhatian lebih kepada anak agar sifat malas ini nggak berkelanjutan.

Ubah suasana

Saat suasana belajar anak sudah nggak menyenangkan, maka jangan harap anak menjadi giat belajar. Untuk itu, jika selama ini suasana belajar merupakan faktor penyebab anak menjadi malas, cobalah ubah suasana menjadi lebih menyenangkan. Misalnya, dengan mengajak anak belajar sambil bermain atau belajar sambil menonton film yang mengandung unsur pendidikan. Sesekali, ajak juga si kecil untuk belajar di luar rumah sambil memperhatikan lingkungan sekitar. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik dan merasa lebih senang mempelajari hal baru tanpa perasaan tertekan.

Membuat jadwal

Salah satu cara untuk melatih kedisiplinan si kecil adalah dengan membuatkannya jadwal, terutama menentukan jam belajar dan bermain. Namun jangan terlalu kaku soal jadwal ini. Berikan kelonggaran waktu bermain jika ia rajin belajar atau berprestasi di sekolah. Jangan pula menekan anak dengan waktu belajar yang lebih panjang ketimbang waktu bermain, karena cara ini sama saja membuat anak jengah dan makin malas. Penerapan jadwal yang baik nggak hanya melatih anak agar terbiasa belajar, tetapi sekaligus melatih kedisiplinan dan rasa tanggungjawabnya.

Berikan pujian

Orangtua mana yang nggak menginginkan yang terbaik untuk buah hati mereka? Namun bukan berarti lantas menekan atau membebani anak dengan kenginanmu sebagai orangtua tersebut. Contohnya, saat nilai ujian si kecil di luar ekspektasi, alih-alih memarahinya, lebih baik berikanlah pujian. Rasa percaya diri pada anak, salah satunya, berasal dari penilaian orangtua tentang mereka, lho. Reaksi orangtua yang positif akan menumbuhkan keinginannya untuk memberikan yang lebih baik lagi ke depan.

Bersikap demokratis

Apa yang menjadi minat anak? Biarkan mereka membicarakannya kepadamu dan pasangan sebagai orangtua, serta jangan lupa untuk mendampingi si kecil saat ia ingin mengeksplorasi talentanya tersebut. Berdiskusi dan bersikap demokratis adalah cara paling baik bagi orangtua untuk mendapat perhatian dari si kecil.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life