DCSIMG

How To Be Healthy

Manfaat-manfaat Hebat yang Didapat dari Berlari

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

jan-1-7

Murah, mudah, dan bisa dilakukan kapan saja. Ketiga poin tersebut membuat berlari menjadi salah satu olahraga yang paling digemari oleh masyarakat. Tidak hanya itu, lari juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari memperlancar aliran darah hingga menyehatkan jantung. Bagi kamu yang masih suka malas-malasan berolahraga, sebaiknya simak sejumlah manfaat berlari ini, Bright Friends.

Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuhmu, bergantung pada jarak dan kecepatannya. Pada jarak 1,5 km, misalnya, kamu bisa membakar sekitar 100 kalori dalam tubuh.  Gerakan konstan yang kamu lakukan saat berlari juga bisa membuat lutut sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan, mereka yang rutin berlari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

Dengan rutin berlari, kita juga bisa terhindar dari risiko jantung koroner. Berlari lebih dari 16 km per minggu mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Manfaat berlari lainnya yang bisa kita dapatkan yaitu berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Apalagi jika kita bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, HDL akan meningkat dengan signifikan.

Penelitian pun menunjukkan, mereka yang melakukan olahraga lari secara teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Meski mudah dan dapat dilakukan kapan saja, sebaiknya kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini agar mendapatkan hasil maksimal.

  • Pilih sepatu yang tepat untuk mengurangi risiko cedera.
  • Lakukan pemanasan sebelum memulai.
  • Mulailah dengan berjalan selama 10–30 menit, kemudian sisipkan lari minimal selama 2 menit.
  • Perpanjang durasi lari secara perlahan hingga kamu mampu berlari selama 30 menit.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan agar detak jantung kembali normal.

Bagaimana, masih mau menunda-nunda berolahraga? Gaya hidup sehat juga mendukung prosesmu untuk menggapai masa depan yang #lebihbaik lho, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life