DCSIMG

How To Be Wealthy

Para Perempuan, Ayo Berdaya di Masa Pensiun!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

jan-1-3

Para perempuan bisa jadi lebih produktif di masa pensiun jika bijak dan cermat mengelola dana pensiun dini. Tidak percaya? Yuk, simak penjelasannya.

Tidak sedikit lho, Bright Friends, perempuan yang pensiun di usia yang masih tergolong muda. Banyak yang mengambil keputusan ini untuk menikmati buah dari kerja keras, atau bahkan ingin menekuni karier kedua. Nah, apa pun keputusanmu, pastikan sebisa mungkin tidak menjadi beban keluarga, ya.

Mengutip dari femina.co.id, ketika kali pertama mendapatkan dana pensiun dini, pastikan kamu membayar utang, terutama kartu kredit. Sedangkan untuk utang pembiayaan aset, seperti mobil atau rumah, kamu masih bisa terus mencicilnya dengan menyisihkan dana untuk 6–12 kali cicilan di satu rekening terpisah. Saat waktu mencicil tiba, kamu bisa mengambil dari rekening tersebut tanpa perlu pusing memikirkan dari mana dananya.

Kemudian, pastikan juga kamu mengalokasikan dana pensiun ke asuransi kesehatan. Fasilitas penting yang hilang ketika kamu sudah tidak bekerja adalah asuransi kesehatan. Untuk menggantikan fasilitas tersebut, manfaatkan asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi kepercayaan.

Terakhir, pastikan dana pensiunmu memenuhi alokasi pos dana darurat. Dana darurat seharusnya sudah kamu persiapkan ketika masih berstatus sebagai karyawan. Namun, karena tidak semua orang memiliki dana darurat—mungkin kamu salah satunya—maka alokasikan sebagian dana pensiun untuk menggenapinya. Ngomong-ngomong, jumlah dana darurat ideal adalah 3–6 kali pengeluaran bulanan.

Dengan adanya dana darurat ini, kamu bisa mengurangi beban keluarga jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau, bisa jadi dana daruratmu ini suatu hari nanti berguna untuk membantu keluarga yang memiliki masalah keuangan. Perempuan masa kini adalah perempuan yang mandiri dan bisa diandalkan. Setuju?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life