DCSIMG

How To Be Happy

Meneladani Etika Pergaulan Nabi Muhammad SAW

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

des-5-6

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa terlepas dari manusia lainnya dalam menjalani hidup. Karena itulah, ada baiknya kita bersikap baik kepada orang lain agar silaturahmi selalu terjaga. Etika dalam pergaulan dapat kita teladani dari Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah sosok yang penyabar, lapang hati, penyayang, pemurah, dan pemaaf. Beliau juga dikenal sebagai pribadi yang jujur. Sifat-sifat tersebut selalu diperlihatkan tidak hanya di hadapan para sahabat, tetapi juga para musuhnya.

Nabi Muhammad SAW selalu mengucapkan salam kepada setiap orang yang dijumpainya dan menyodorkan tangan terlebih dahulu ketika bersalaman. Jika ada orang yang memanggil, maka Beliau akan membalikkan seluruh badan. Bahkan, ketika melakukan percakapan dengan seseorang, Beliau tidak akan memalingkan muka sebelum orang itu pergi. Hal ini membuat lawan bicara merasa sangat dihargai. Beliau juga tidak pernah memotong pembicaraan sampai orang tersebut selesai bicara.

Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai orang yang sangat menghormati tamu yang berkunjung ke rumah Beliau, yang ditunjukkan dengan jamuan dan perlakuan yang sangat baik. Jika ada yang berkunjung ke rumah saat Beliau sedang beribadah, maka Nabi Muhammad SAW akan mempercepat ibadahnya agar bisa segera menemui tamu tersebut.

Saat menasihati para sahabat atau orang-orang terdekat, Nabi Muhammad SAW selalu menggunakan bahasa yang santun, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Beliau sangat berhati-hati dalam setiap perkataan agar tidak menyinggung perasaan lawan bicara. Dan saat bertemu dengan kerabat yang sudah lama tidak ditemui, Beliau akan langsung menanyakan kabar. Saat ada kerabatnya yang sakit, beliau selalu menyempatkan diri untuk menjenguk. Dan saat sahabat Nabi Muhammad SAW pergi, Beliau tidak pernah lupa untuk mendoakannya.

Menghargai setiap orang tanpa memandang latar belakang sudah menjadi prinsip Nabi Muhammad SAW. Dengan ikut menerapkan prinsip ini, silaturahmi dan komunikasi yang baik di lingkungan pergaulanmu pun akan selalu terjaga. Yuk, dimulai dari sekarang, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life