DCSIMG

How To Be Happy

Manfaat Penting Bermain di Luar Rumah Bagi Perkembangan Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

des-5-5Teknologi yang terus berkembang membuat siapa pun bisa memanfaatkannya, tidak terkecuali anak-anak. Saat ini bukan lagi hal yang aneh, melihat anak-anak dengan begitu mudahnya mengoperasikan gadget (gawai). Dengan segala kemudahan dan daya tarik gawai, kian banyak anak yang lebih memilih menghabiskan waktu memainkannya ketimbang beraktivitas di luar rumah yang mempunyai banyak manfaat.

Mengurangi risiko obesitas

Ya, dengan aktif bergerak, si kecil akan terhindar sejak dini dari obesitas dan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes. Karena itu, kebiasaannya untuk berdiam diri di depan gawai harus mulai diubah dengan beraktivitas di luar rumah.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Saat bermain di luar rumah, si kecil akan bertemu dengan teman sebayanya. Dengan begitu, ia bisa belajar bersosialisasi sejak dini. Ini membantunya membentuk karakter yang terbuka dan percaya diri.

Melatih keterampilan motorik

Ternyata, permainan yang ada di taman bermain bisa melatih keterampilan motorik si kecil lho, Bright Friends. Karena itu, jadwalkan waktu bermain di luar rumah untuk mengasah ketangkasan anak.

Belajar mengeksplorasi lingkungan sekitar

Dengan bermain di luar rumah, anak bisa dengan bebas mengeksplorasi lingkungan dan mengasah kreativitasnya. Ia bisa menemukan berbagai hal yang mendukung kecerdasannya, dan sebagai orangtua kita pun bisa mendampingi proses belajar tersebut dengan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan spontan yang ia lemparkan saat mengamati lingkungan sekitar.

Alternatif pengganti olahraga

Jika anak sudah mengenal gawai, besar kemungkinan ia menjadi malas berolahraga. Padahal, olahraga diperlukan untuk mencegah obesitas. Aktif bermain di luar rumah bisa jadi alternatif menyenangkan pengganti olahraga. Kita bisa mengajak si kecil bermain pada pagi atau sore hari untuk menghindari paparan UVA atau UVB. Selamat bersenang-senang dengan si kecil, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life