DCSIMG

How To Be Wealthy

Ungguli IHSG, Kinerja Saham Syariah Melejit

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

des-4-6

Ekonomi syariah tampaknya mulai menggeliat dan masih akan terus berkembang. Tren menunjukkan bahwa produk-produk syariah, baik bank maupun non-bank, terus dicari orang. Begitu juga dengan perkembangan saham syariah, peningkatan terjadi setiap hari. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi syariah di Indonesia memiliki peminat yang cukup besar. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, kinerja saham syariah lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selain itu, dari 535 emiten yang memperdagangkan sahamnya, sebanyak 61 persen merupakan saham berbasis syariah.

Seperti diungkapkan pakar keuangan Alpino Kianjaya, performa saham syariah memberikan return year to date sebesar 18 persen, sedangkan IHSG hanya tumbuh sebesar 13 persen. Nilai transaksi saham syariah juga tercatat cukup besar, yakni 57 persen, dan saham non-syariah sebanyak 43 persen. Saham syariah bahkan mencatatkan volume transaksi paling tinggi, yakni 51 persen, dibandingkan dengan saham non-syariah yang hanya mencapai 49 persen.

Dilansir dari Republika.com, sektor saham syariah paling besar yakni perdagangan jasa dan investasi yang mencapai 26 persen, disusul oleh properti sebesar 18 persen dan industri dasar sekitar 15 persen. Direktur BEI Nicky Hogan menjelaskan, prinsip hukum Islam dalam kegiatan syariah di pasar modal sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN). Sepanjang fatwa tersebut nggak bertentangan dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang didasarkan pada fatwa DSN.

Dalam proses seleksi saham syariah, ada beberapa kriteria yang termasuk ke dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), yaitu jenis usaha harus sesuai dengan prinsip syariah dan saham tercatat di BEI. Selain itu, pinjaman berbasis riba nggak lebih dari 45 persen total aset perusahaan dan pendapatan non-halal terhadap total pendapatan nggak lebih dari 10 persen

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life