DCSIMG

How To Be Happy

Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Berbasis Montessori

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

des-3-5

Sekolah berbasis Montessori bisa kita temui di mana-mana. Namun sudah tahukah kamu, apa itu Montessori? Bagaimana metode pendidikannya?

Penemu metode ini adalah Maria Montessori—seorang dokter yang kemudian terjun ke dunia pendidikan, filosofi, psikologi, dan antropologi—pada 1897, sebelum akhirnya dibawa ke Amerika tahun 1911 dan berkembang pesat hingga sekarang. Inti dari metode ini adalah mempercayai bahwa anak bisa belajar lebih baik saat mereka memilih dan melakukan sendiri apa yang ingin mereka pelajari. Semakin banyak sekolah yang memakai metode ini, yaitu sekitar 20.000 sekolah di dunia, termasuk Indonesia. Nggak sedikit pula sekolah yang hanya menerapkan beberapa acuan penting dari metode ini. Acuan penting Association Montessori Internationale (AMI) dan American Montessori Society (AMS), di antaranya:

  • Kelas terdiri dari berbagai umur, misalkan 3–6 tahun, 6–12 tahun, 12–18 tahun
  • Murid memilih aktivitas yang diinginkan
  • Murid memiliki kebebasan waktu
  • Teori pembelajarannya adalah Constructivism atau Discovery model, murid belajar sendiri menggunakan material, bukan guru yang menjadi pusatnya
  • Material pendidikan lebih diutamakan untuk mendidik anak agar mandiri. Salah satu contohnya, semua peralatan di kelas (termasuk laci) dibuat sesuai ukuran anak agar mereka bisa mengambil dan meletakkan barang tanpa bantuan siapa pun.

Pro dan kontra mengenai metode pendidikan Montessori pun bermunculan. Di satu sisi, metode ini membuat anak mandiri, bisa membaur dengan anak berbeda umur, belajar sesuai caranya sendiri, dan cenderung lebih bersemangat ke sekolah karena diberi kebebasan mempelajari hal yang disukai. Namun ada juga kekhawatiran para orangtua, misalnya anak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan sistem sekolah umum. Bagaimana menurutmu, tepatkah diterapkan untuk si kecil?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life