DCSIMG

How To Be Happy

Orangtua Nggak Kompak, Mental Anak Bisa Terganggu (2)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

 

 

 

des-2-5

Walau perdebatanmu dan pasangan tentang pola asuh sudah sering terjadi, nggak ada kata terlambat untuk mulai berdiskusi dengan kepala dingin demi mendapatkan keputusan terbaik. Yakinlah bahwa pasangan juga memiliki mimpi yang baik untuk si kecil. Lalu, bagaimana memulainya?

  1. Komunikasi

Kamu dan pasangan perlu membahas hal ini hingga tuntas. Temukan jalan tengah yang menenangkan semua pihak, sehingga akan muncul satu suara yang kompak di depan si kecil.

  1. Konsisten

Pasangan suami-istri adalah sebuah tim yang idealnya selalu kompak. Keputusan yang sudah diambil harus konsisten dilakukan. Misalnya, soal penerapan kedisiplinan. Sekali nggak, ya tetap nggak. Si kecil akan lebih mudah memahami jika orangtua pun secara konsisten memberi contoh.

  1. Evaluasi

Selalu evaluasi ulang hasil pola asuhmu terhadap si kecil. Seperti jika melarang, apa efeknya bagi buah hati. Cobalah sesekali melihat dari cara pandangan si kecil. Jangan sungkan pula untuk minta maaf saat melakukan kesalahan. Dengan refleksi semacam ini, tentu kamu dan pasangan akan semakin bijak.

  1. Sepakati

Buat kesepakatan dengan pasangan mengenai konsep orangtua yang ingin ditanamkan pada si kecil. Apakah kamu ingin menjadi orangtua yang disegani oleh anak atau sekaligus berperan sebagai “sahabat”? Jangan sampai ayah dan ibu memiliki dua sikap berbeda, karena ini akan membingungkan anak dan membuatnya berpihak pada salah satu di antara kalian.

  1. Temui pakar

Jangan ragu untuk mencari informasi tentang pola asuh yang baik dari ahlinya. Ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari di internet ataupun menemui pakar secara langsung.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life