DCSIMG

How To Be Wealthy

Ke Mana Harus Menginvestasikan Uang untuk Dana Pensiun?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

des-2-4

Supaya tujuan keuangan pensiun bisa terealisasi, tentu kamu harus memilih produk investasi yang bisa membantumu mencapai tujuan keuangan yang telah dibuat. Instrumen investasi seperti apa yang paling cocok untuk program dana pensiun?

Menurut CNN money.com, untuk mencapai masa pensiun sejahtera—yang artinya akan dirasakan 30 tahun dari sekarang—kamu perlu melirik produk saham sebagai sarana investasi. Dalam kurun waktu 1926 hingga 2015, tercatat saham menghasilkan keuntungan sebesar 10.02% per tahun. Menggiurkan, bukan? Sementara itu, keuntungan yang dihasilkan oleh obligasi tercatat hanya 5.58% per tahun.

Menurut penelitian dari Morningstar, rata-rata financial advisor akan merekomendasikan investor yang berencana pensiun dalam kurun waktu 20 tahun ke depan untuk mengalokasikan dana mereka ¾ bagian ke produk saham. Berbanding dengan keuntungan yang dihasilkan, risiko yang diberikan oleh saham sebagai produk investasi juga nggak kalah besar.

Ada masa ketika saham jatuh dalam kurun waktu tertentu dan ada masa nilai saham akan melambung jauh. Karena itulah, produk saham selalu disarankan diambil hanya untuk tujuan keuangan jangka panjang agar saham bisa berkembang secara optimal. Namun kalau terlalu takut untuk mengalokasikan semua uangmu ke saham, kamu bisa menyeimbangkannya dengan memilih obligasi. Buat persentase 70% saham dan 30% obligasi. Fluktuasi dan perkembangan obligasi akan membantu mengimbangi saham yang cukup agresif.

Bagaimana, sekarang sudah bisa menentukan jenis investasi dan siap menyisihkan sebagian penghasilan untuk masa pensiun kelak?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life