DCSIMG

How To Be Wealthy

3 Langkah Menuju Pensiun Sejahtera

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

des-1-7

Hidup muda foya-foya, tua kaya raya? Eits, itu cuma dalam mimpi, Bright Friends. Untuk bisa menikmati hari tua sejahtera, tentu kamu harus siap berkorban dan membuat perencanaan keuangan yang matang.

Jangan berhenti menyisihkan uang

Terkadang, ada masanya orang akan berhenti menyisihkan uang dengan alasan pemasukan yang sedang berkurang. Pernah dengar peribahasa sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit? Hal yang sama berlaku pada uang yang kamu sisihkan untuk masa pensiun, Bright Friends. Tetapkan dana yang harus disisihkan setiap bulan untuk masa pensiun. Ketika pengeluaranmu melonjak, jangan sampai luput menyisihkan dana pensiun. Biarpun lebih sedikit, kamu tetap harus konsisten menyisihkan dana pensiun karena sekali saja kebiasaanmu terhenti, akan ada alasan lain di kemudian hari untuk nggak menabung.

Evaluasi perencanaan keuangan secara berkala

Penting, nih. Usahakan untuk mengevaluasi perencanaan keuangan yang sudah kamu jalani secara berkala. Tujuannya agar kamu tahu apakah cara yang selama ini dijalani sudah tepat dan bisa memenuhi tujuan keuanganmu pada masa pensiun atau belum. Nggak perlu ngobrol secara resmi sama financial planner, kamu bisa ngobrol soal perencanaan keuangan ini pada temanmu yang mengerti soal invetasi dan dana pensiun. Melalui evaluasi, kamu juga bisa menentukan apakah kamu harus menambah instrumen investasi lain atau nggak.

Pantau hasil invetasi

Sebaiknya, kamu memang nggak melirik-lirik hasil invetasimu. Namun memantaunya secara berkala ternyata penting juga, lho. Pemantauan pergerakan investasi ini ditujukan untuk melihat apakah produk investasi yang kamu pilih berjalan sesuai dengan harapan atau kamu justru harus mencairkannya dan berganti ke produk investasi lain.

Terapkan langkah tersebut sejak dini. Menunda menjalankan perencanaan keuangan untuk pensiun berarti harus siap untuk bekerja lebih lama ketika masa pensiun tiba. Mau?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life