DCSIMG

How To Be Happy

Tips Menjauhkan Anak dari Incaran Pelaku Tindak Kriminal (2)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

des-1-5

Kasus-kasus kriminalitas terhadap anak semakin mendapat sorotan, khususnya dari pihak pemerintah. Ini terbukti dengan diperbaharuinya UUD Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002 Pasal 13 Ayat 1 menjadi UUD Perlindungan Anak No. 35 Tahun 2014 yang menjamin penuh hukuman seberat-beratnya bagi para pelaku tindak kriminal terhadap anak. Sebagai orangtua, kita pun tentu berkewajiban untuk menjauhkan buah hati dari para pelaku tindak kriminal. Beberapa tips sudah dikemukakan dalam artikel sebelumnya, dan berikut adalah hal penting lain untuk diterapkan pada si kecil.

  1. Sebagai orangtua, kamu perlu mengetahui dengan pasti bagaimana latar belakang dan kredibilitas orang-orang yang dipekerjakan di rumah, apalagi jika kamu mempercayakan keselamatan dan keamanan si kecil pada seorang pengasuh.

 

  1. Jalin komunikasi dengan pihak sekolah, misalnya hanya memperbolehkan si anak dijemput dengan orang yang identitasnya sesuai dengan yang kamu berikan kepada pihak sekolah.

 

  1. Meskipun meminta si anak untuk mengingat nama orangtua, nomer telepon dan alamat rumah, kamu perlu mengingatkannya agar nggak sembarangan memberikan informasi tersebut kepada siapa pun, terutama orang asing yang menanyakannya secara langsung maupun melalui telepon. Informasi tersebut dikhawatirkan akan digunakan untuk tindak kriminal di kemudian hari.

 

  1. Meskipun kamu dan pasangan memiliki kesibukan, usahakan untuk tetap melakukan pengawasan dan komunikasi yang intens dengan si anak. Kamu bisa menanyakan kegiatan apa yang ia lakukan setiap harinya, sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan orang asing berniat jahat kepada si kecil. Be safe, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life