DCSIMG

How To Be Wealthy

Kerja Sedikit, Justru Lebih Produktif?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

des-1-4

Pemalas atau nggak loyal, kedua predikat ini kerap menempel pada karyawan yang terbiasa pulang tepat waktu dari kantor. Padahal, penelitian justru mengatakan sebaliknya. Orang-orang yang selalu pulang cepat—atau nggak pernah terlihat lembur—ternyata lebih produktif dan berpenghasilan lebih besar dibandingkan mereka yang “betah” di kantor. Beberapa hal di bawah ini bisa jadi alasannya.

Manajemen waktu yang baik

Mereka yang bekerja sesuai dengan jam kerja di kontrak bukannya nggak loyal, tetapi biasanya justru memiliki manajemen waktu yang baik sehingga semua pekerjaan selesai tepat waktu. Manajemen waktu, bagi mereka, merupakan bagian dari manajemen hidup sehingga harus diatur sebaik mungkin agar semua berjalan sesuai rencana.

Pekerjaan sampingan

Jangan terburu-buru mengecap rekan kerja sebagai pemalas. Biasanya, mereka yang datang dan pulang kerja tepat waktu memiliki kesibukan lain di luar kantor, di antaranya yang berkaitan dengan hobi dan pekerjaan sampingan. Ketimbang menghabiskan hari di satu tempat, mereka pilih beraktivitas di luar lingkup kantor untuk menambah koneksi dan inspirasi. Kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan karier jelas lebih terbuka dibandingkan para pekerja yang sibuk di meja kerja.

Life-work balance

Kehidupan di luar ruang kerja menyadarkan kita bahwa hidup nggak melulu soal pekerjaan dan deadline. Ada diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita yang juga membutuhkan perhatian. Kita bahkan bisa memakai waktu bebas tersebut untuk mengembangkan diri, seperti les bahasa dan memasak. Produktivitas nggak melulu berhubungan dengan karier, aspek kehidupan yang lain jangan disepelekan.

Efektivitas menentukan kualitas

Perlu kamu ingat bahwa yang menentukan kualitas pekerja adalah performanya, dan kualitas bukan didapat dari waktu bekerja melainkan efektivitas penggunaan waktu untuk meningkatkan kualitas. Kerja tepat waktu dengan hasil maksimal jelas lebih baik dibandingkan lembur tapi hasil sama dengan pekerja yang bekerja tepat waktu.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life