DCSIMG

How To Be Healthy

Jangan Malu untuk Menangis, Ini Manfaatnya!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

des-2-2

Menangis diidentikkan dengan cara perempuan meluapkan perasaan, sedih maupun bahagia. Namun sebenarnya menangis bukanlah hal tabu untuk dilakukan oleh laki-laki karena siapa saja pada dasarnya memiliki hak sama dalam mengungkapkan perasaan. Apalagi, menangis ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, lho.

Air mata memiliki kandungan zat kimia yang disebut ACTH (Adrenocorticotropic). Zat yang merangsang pembentukan hormon kortisol atau hormon stres sehingga mengeluarkan ACTH melalui air mata memiliki manfaat untuk menekan tingkat stres. Selain itu, beberapa manfaat dari air mata untuk kesehatan dapat kamu baca melalui 3 hal di bawah ini:

  1. Mengeluarkan racun (detoksifikasi)

Penelitian yang dilakukan oleh William Frey, seorang ahli biokimia, mengungkap bahwa air mata yang keluar karena emosi atau stres mengandung racun sehingga menangis karena kedua hal tersebut sangat bermanfaat untuk membuang racun dari tubuh dan pikiran kita, Bright Friends!

 

  1. Meningkatkan mood

Setelah meluapkan perasaan dengan menangis, khususnya perasaan tertekan ataupun sedih, hal pertama yang akan kita rasakan adalah berkurangnya level depresi dan meningkatnya mood. Penyebabnya, air mata yang dihasilkan karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan air mata yang dihasilkan dari iritasi.

 

  1. Membunuh bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab kita jatuh sakit, entah sakit ringan seperti flu dan batuk hingga penyakit berat. Fakta uniknya, ternyata air mata mengandung cairan yang disebut dengan lisozim fluida. Cairan ini mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life