DCSIMG

How To Be Healthy

Perkuat Gusi dan Gigi dengan Wortel

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

nov-4-2Selama ini, kita tahu bahwa wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A-nya. Namun ternyata wortel juga memiliki kandungan gizi lain yang nggak kalah bermanfaat.

Saat selesai mengunyah wortel, apa kamu sadar jika gigi dan gusi terasa lebih kesat? Ini karena serat yang ada pada wortel mengikis semua plak di gigi dan gusimu. Selain itu, wortel juga merangsang gusi untuk mengeluarkan banyak air liur. Air liur tersebut akan diubahnya menjadi alkali. Zat alkali inilah yang berfungsi mengurangi bakteri penyebab lubang pada gigi.

Tentu saja manfaat wortel nggak berhenti sampai di sini saja. Sayuran berwarna oranye ini bisa mengurangi persentase risiko kanker. Beberapa zat yang terkandung pada wortel, seperti fosfor, beta karoten, dan hidrat arang-lah, yang berjasa mencegah berkembangnya sel kanker. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi wortel minimal dua kali dalam sehari dapat mengurangi secara signifikan risiko kanker hingga 17 persen. Penelitian lain juga menemukan bahwa wortel memiliki kandungan tersembunyi, yaitu falcarindol dan falcarinol. Kedua zat ini dipercaya bisa cegah terbentuknya sel kanker paru-paru.

Wortel juga bagus untuk kesuburan laki-laki, Bright Friends! Manfaat wortel yang satu ini jarang diketahui oleh masyarakat. Para peneliti dari Harvard University sudah membuktikan bahwa wortel bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan beta karoten pada wortel nggak hanya mencerahkan penglihatan, tetapi juga memperbaiki kualitas setiap sel sperma. Beta karoten berfungsi sebagai antioksidan untuk daya tahan tubuh. Bila antioksidan meningkat, racun yang berbahaya dalam tubuh pun dapat diminimalisasi. Dengan begitu, kadar racun akan berkurang dan produksi sperma meningkat.

Fungsi lain dari sayuran ini, yang nggak kalah penting, adalah mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah studi, lagi-lagi ditemukan beberapa zat pada wortel ternyata baik untuk jantung. Zat yang dimaksud adalah alpha karoten dan lutein. Kedua zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena serat larut yang ada pada wortel mengikat asam empedu secara efektif. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh bisa ditekan dan risiko penyakit jantung dapat dihindari.

Sudah tahu semua manfaat tersembunyi wortel, kan? Karena itu, yuk mulai masukkan wortel dalam menu harianmu, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life