DCSIMG

How To Be Wealthy

EQ atau IQ yang Lebih Menentukan Keberhasilan Seseorang?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

nov-3-1

Perkembangan zaman menuntut kita untuk lebih cakap dalam menyikapi berbagai aspek kehidupan, termasuk persaingan dalam bidang pekerjaan. Para karyawan nggak sekadar dituntut untuk berkompeten dalam hal intelektual, tetapi juga dalam hal rasa (emosional).

Menurut Daniel Goleman dalam bukunya, Emotional Intelligence, mereka yang memiliki IQ tinggi tetapi EQ rendah cenderung mengalami kegagalan lebih besar dibandingkan dengan yang memiliki IQ rata-rata tetapi EQ tinggi. Artinya, EQ atau olah rasa menjadi hal yang sangat krusial bagi keberhasilan seseorang.

Peter Salovey dan John Mayer mengartikan EQ, atau Emotional Quotient, sebagai kemampuan mengerti dan mengendalikan emosi. Sementara itu, Daniel mengartikannya sebagai kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi, dan berhubungan baik dengan orang lain. Itu mengartikan bahwa tiap orang bertanggung jawab atas harga diri, kesadaran diri, kepekaan sosial, dan adaptasi sosial. Daniel menambahkan, kesuksesan seseorang dalam prestasi kerja justru ditentukan oleh 90% EQ serta hanya 4% kontribusi dari ilmu pengetahuan dan teknis, sehingga pengendalian emosional sangat penting dimiliki olehmu yang ingin sukses dalam hal pekerjaan.

Jika kamu masih belum mengetahui seberapa besar tingkat EQ, daftar perilaku cerdas emosi berikut ini bisa membantumu mengukurnya:

  1. Menghargai emosi negatif orang lain
  2. Sabar menghadapi emosi negatif orang lain
  3. Sadar dan menghargai emosi diri sendiri
  4. Emosi negatif untuk membina hubungan
  5. Peka terhadap emosi orang lain
  6. Saat emosional adalah saat mendengarkan

Jika kamu telah memiliki perilaku cerdas emosi di atas, tentu kesuksesan sudah di depan mata. Namun jika merasa EQ-mu masih perlu diasah, nggak ada salahnya mengikuti seminar pengembangan diri yang akan membantumu menyeimbangkan antara IQ dan EQ. Tertarik mencoba, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life