DCSIMG

How To Be Healthy

Stroke, Penyebab Kematian Nomer Tiga di Dunia

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

 

 

nov-1-7

Saat mendengar kata stroke, pikiran kita akan langsung mengarahkan pada kondisi kesehatan dengan tingkat pemulihan sangat tinggi. Namun sudah saatnya kita mengetahui lebih dalam mengenai penyakit ini. Stroke yang memiliki istilah medis CVA atau cerebrovascular accident merupakan suatu kejadian yang berhubungan dengan hilangnya sebagian fungsi otak, dipicu oleh penyumbatan atau gangguan yang terjadi pada suplai darah ke otak. Stroke terbagi menjadi dua jenis, yaitu stroke iskemik dan stroke hemorragik.

Hal yang harus kita pahami adalah setiap orang berpotensi menderita penyakit ini, nggak peduli usia ataupun jenis kelamin. Bahkan, menurut data penelitian, kaum perempuanlah yang sangat rentan menderita gangguan kesehatan ini, Bright Friends. Data terbaru juga menyebutkan bahwa stroke merupakan pemicu kematian nomer tiga bagi kaum perempuan dan nomer lima bagi laki-laki.

Gejala stroke dipicu karena riwayat penyakit yang dimiliki mulai dari darah tinggi, diabetes, hingga gaya hidup yang buruk, mulai dari merokok, minuman beralkohol, dan jarang melakukan olahraga.

Gejala awal yang mengindikasikan seseorang menderita penyakit ini, di antaranya:

  1. Kesulitan berbicara

Seseorang yang menderita gejala awal stroke biasanya akan kesulitan memahami ucapan orang lain maupun mengucap kalimat sederhana. Kamu harus mulai memperhatikan cara bicaramu atau keluarga terdekat agar mendapat penanganan lebih cepat.

  1. Penglihatan mulai menurun (pandangan kabur)

Kondisi pancaindra ini juga bisa kamu jadikan tolok ukur, apakah kamu dalam kondisi sehat atau nggak. Saat pandanganmu mulai terganggu, entah itu menjadi kabur, ganda, atau bahkan salah satu mata kehilangan fungsi, segera periksakan dirimu.

  1. Sakit kepala hebat

Pusing tiba-tiba atau rasa sakit yang hebat pada kepala juga merupakan alarm yang harus kamu perhatikan. Kebanyakan perempuan yang menderita stroke bahkan nggak bisa membedakan gejala ringan stroke dengan penyakit lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kematian perempuan akibat penyakit stroke semakin meningkat dari tahun ke tahun.

  1. Kelumpuhan pada tangan dan kaki

Waspadai saat kamu mulai kehilangan fungsi untuk mengendalikan otot salah satu tangan maupun kakimu, Bright Friends. Konsultasikan pada dokter jika hal tersebut kamu alami.

  1. Sesak napas

Kondisi ini sering dialami oleh para perempuan, penyebabnya adalah detak jantung yang nggak normal. Gejala yang satu ini nggak boleh disepelekan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life