DCSIMG

How To Be Wealthy

Ekonomi Syariah, Penyokong Kelompok Usaha Kecil

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

nov-1-6

 

Sistem transaksi yang transparan, bebas dari riba, dan berasaskan gotong-royong membuat perekonomian syariah dinilai fleksibel untuk dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, termasuk kelompok usaha kecil. Hal ini sudah mulai terlihat di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jawa Timur.

Dikutip dari Muamalat Institute, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengaku sangat antusias ketika Jawa Timur ditetapkan sebagai percontohan ekonomi syariah di Indonesia. Ia berharap, ekonomi syariah dapat menjadi penyokong perekomian kelompok-kelompok usaha kecil. Menurut Soekarwo, ekonomi syariah sangat tepat diimplementasikan di Jawa Timur, mengingat kultur masyarakatnya islamis dan banyak pula pondok pesantren yang berdiri. Jumlah masyarakat Islam di Jawa Timur sendiri mencapai 97 persen. Soekarwo menambahkan, implementasi ekonomi syariah di Jawa Timur harus murni syariah, artinya menghindari praktik riba, termasuk sistem bunga. Ia juga menggarisbawahi bahwa ekonomi syariah harus menjadi penolong bagi masyarakat kecil.

Demi mendukung Jawa Timur sebagai region termaju ekonomi syariah, pihak Pemerintah Daerah akan mendorong bank milik Pemprov, yakni Bank Jatim dan Bank UMKM, untuk menjadi bank inklusif. Konsep tersebut dimaksudkan agar suatu saat nanti non-muslim juga tertarik menggunakan lembaga keuangan syariah. Dengan seizin dan sepengetahuan BI serta OJK, ekonomi syariah yang dimanfaatkan dengan baik akan memberikan hasil maksimal bagi masyarakat.

Bagaimana, Bright Friends, kian tertarik dengan ekonomi syariah? Cari tahu lebih dalam dengan berkonsultasi secara langsung pada penasihat keuangan pribadimu di http://www.brightadvisor.co.id.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life