DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenal Lebih Dalam Prinsip-Prinsip Asuransi Syariah (2)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-4-6

Banyaknya produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi membuat kita perlu mengenal lebih dalam konsep syariah. Perusahaan asuransi syariah nggak semata-mata menjalankan sistem operasional sesuai dengan prinsip syariah, tetapi juga harus bisa mengimplementasikan nilai yang menjadi “dasar” dari prinsip syariah. Selain prinsip tauhid, keadilan, tolong-menolong, kerja sama, dan amanah, berikut 5 prinsip syariah yang juga perlu kita ketahui.

  1. Prinsip saling ridha

Prinsip saling ridha harus selalu menyertai transaksi apa pun. Nasabah ridha dananya dikelola oleh perusahaan asuransi syariah secara profesional sekaligus digunakan untuk menolong nasabah yang lain. Perusahaan asuransi pun ridha dengan amanah yang diberikan oleh nasabah untuk mengelola premi mereka.

  1. Prinsip menghindari riba

Riba merupakan hal yang wajib dihindari dalam konsep syariah. Kontribusi atau premi yang dibayarkan nasabah, harus diinvestasikan pada bisnis yang sesuai dengan prinsip syariah dan jelas kehalalannya.

  1. Prinsip menghindari bertaruh

Prinsip maisir atau gambling dalam asuransi konvensional dihindari oleh asuransi syariah yang lebih memilih menerapkan sistem risk sharing.

  1. Prinsip hindari ketidakjelasan

Gharar berarti ketidakjelasan, dan ini nggak diperbolehkan dalam prinsip syariah. Dalam asuransi konvensional, peserta nggak mengetahui apakah ia bisa melakukan klaim atau nggak, karena klaim bergantung pada risiko yang menimpanya. Hal seperti inilah yang disebut gharar, karena konsep yang digunakan adalah risk transfer, bukan risk sharing.

  1. Prinsip jauhi suap-menyuap

Kedua belah pihak, baik nasabah maupun perusahaan asuransi, harus menjauhkan diri dari suap-menyuap dalam menjalankan semua transaksi, karena suap-menyuap atau risywah akan menguntungkan satu pihak, sementara pihak lain dirugikan. Semua harus dilakukan secara baik, transparan, adil, dan dilandasi oleh semangat gotong-royong.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life