DCSIMG

How To Be Healthy

Kabar Baik, Karbohidrat Nggak Selamanya Bikin Gemuk!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

okt-4-5

Bicara tentang diet, pasti bicara juga tentang makanan apa saja yang bisa membuat kita gemuk. Kebanyakan orang akan menyebut karbohidrat sebagai salah satu penyebab utama kegemukan. Padahal, sebenarnya karbohidrat justru menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh, lho.

Karbohidrat yang dimakan berlebihan memang mengakibatkan penimbunan makanan di tubuh, selain itu, karbohidrat juga sangat mudah dicerna. Dan, ketika tubuh nggak mengeluarkan tenaga, pada akhirnya ia berubah menjadi lemak. Karena faktor inilah karbohidrat kemudian menjadi sumber nutrisi yang banyak dihindari jika ingin menurunkan berat badan. Namun jika kamu jeli, sebenarnya ada banyak karbohidrat yang justru bisa membantumu menjaga atau menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari TIME.com, ada kelompok karbohidrat yang disebut “pati resisten” atau sering dikenal dengan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini sulit dicerna, difermentasi, dan diubah ke asam lemak yang disimpan di tubuh.

Makanan yang termasuk dalam pati resisten, misalnya, biji-bijian, gandum utuh, pisang yang belum begitu matang, nasi merah, dan jagung. Dikatakan Paul Arciero dalam penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal, uniknya, jika kamu memasak nasi hangat, pasta, dan kentang lalu menyimpannya di kulkas, kandungan karbohidrat makanan-makanan ini berubah menjadi karbohidrat kompleks.

Nasi putih, kentang, dan pasta yang sudah dingin aman dikonsumsi dan nggak bikin gemuk. Karbohidrat akan lebih sehat ketika disandingkan dengan protein. Porsi konsumsi karbohidrat harus sebanding dengan protein, atau 50:50. Biasanya, yang membuat orang gemuk adalah porsi karbohidrat yang lebih banyak dibanding protein. Nah, sekarang tahu kan bahwa karbohidrat bukanlah musuh saat sedang berdiet?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life