DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenal Lebih Dalam Prinsip-Prinsip Asuransi Syariah (1)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-3-5

Banyaknya produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi membuat kita perlu mengenal lebih dalam konsep syariah. Perusahaan asuransi syariah nggak semata-mata menjalankan sistem operasional sesuai dengan prinsip syariah, tetapi juga harus bisa mengimplementasikan nilai yang menjadi “dasar” dari prinsip syariah, seperti berikut.

  1. Prinsip tauhid

Prinsip dasar dalam asuransi syariah adalah tauhid. Artinya, niatan dasar ketika membuka asuransi bukan semata-mata untuk meraih keuntungan, melainkan juga menerapkan prinsip syariah pada asuransi. Sedangkan bagi nasabah, asuransi syariah bertujuan untuk saling menolong, bukan hanya mencari “perlindungan” saat terjadi musibah.

  1. Prinsip keadilan

Keadilan dalam asuransi syariah berarti bahwa nasabah dan perusahaan wajib bersikap adil—terkait hak dan kewajiban masing-masing. Asuransi syariah nggak boleh menzalimi nasabah dengan hal yang menyulitkan atau merugikan.

  1. Prinsip tolong-menolong

Ini merupakan aspek yang sangat penting dalam asuransi syariah. Sudah menjadi kewajiban sesama nasabah untuk berderma, membantu nasabah lain yang tertimpa musibah. Perusahaan asuransi syariah hanya bertindak sebagai pengelola dana.

  1. Prinsip kerja sama

Artinya, harus terjalin kerja sama yang baik antara nasabah dan perusahaan asuransi syariah sesuai dengan akad atau perjanjian yang sudah disepakati bersama. Kerja sama akan terjalin dengan baik apabila nasabah maupun perusahaan asuransi menunaikan hak dan kewajibannya.

  1. Prinsip amanah

Perusahaan dituntut untuk amanah dalam mengelola dana nasabah, begitu juga dengan nasabah. Amanah bagi nasabah berarti nggak mengada-ada saat mengajukan klaim, sementara amanah bagi perusahaan berarti nggak semena-mena mengambil keuntungan, apalagi mengambil keputusan yang merugikan nasabah.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life