DCSIMG

How To Be Healthy

Waspada, Stres Tingkatkan Kadar Kolesterol Jahat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-3-3

 

Pekerjaan kantor sering membuatmu stres nggak karuan? Hati-hati, kolesterol jahat bisa saja melonjak walaupun kamu nggak mengonsumsi makanan berlemak. Ini alasannya.

Kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit kardiovaskular. Biasanya, orang selalu mengaitkan kolesterol dengan makanan berlemak, tapi nyatanya nggak selalu seperti itu, Bright Friends. Nggak semua orang gemuk memiliki kolesterol tinggi dan nggak semua orang kurus memiliki kolesterol rendah.

Rocksy Fransisca, seorang dokter spesialis saraf—dalam health.kompas.com—mengatakan bahwa makanan hanya mempengaruhi sepertiga kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sementara duapertiga sisanya dipengaruhi oleh pikiran, stres misalnya. “Saat stres, otak akan memproduksi hormon kortisol. Hormon inilah yang memicu tingginya kolesterol jahat dalam tubuh walaupun kamu nggak banyak makan makanan berlemak,” ungkap Rocksy.

Kadar kolesterol tinggi bukan hanya nggak baik untuk jantung, tetapi juga untuk otak. Kolesterol jahat dalam darah lama-kelamaan akan membentuk plak yang nantinya menyumbat pembuluh darah di otak. Nah, bukan hanya pola makan yang harus dijaga, kamu juga harus bisa mengelola stres yang timbul akibat pekerjaan dan masalah lainnya agar kadar LDL dalam tubuh tetap terkendali. Ya, diet ketat bebas lemak bisa jadi sia-sia kalau kamu belum bisa mengelola tingkat stresmu dengan baik, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life