DCSIMG

How To Be Wealthy

Cek Kesehatan Keuanganmu dengan Cara Ini

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-3-4

 

Sebelum mencari tahu apa yang harus dilakukan di masa depan, periksa dulu kesehatan keuanganmu saat ini. Kamu bisa mengecek apakah kondisi keuanganmu sehat atau nggak melalui rasio keuangan.

Pertama, ketahui secara mendetail aset yang kamu miliki serta utang dan pengeluaran rutinmu. Aset yang dimaksud termasuk aset lancar dan nggak lancar, ditambah utang jangka pendek dan jangka panjang. Dengan mengalkulasikan semua aset dan utang, kamu bisa mengetahui kondisi keuanganmu dalam jangka pendek dan panjang.

Melansir kontan.co.id, ada beberapa rasio keuangan yang bisa dijadikan tolok ukur, apakah keuanganmu sehat atau nggak. Rasio tersebut terdiri atas rasio likuiditas, rasio tabungan, rasio utang terhadap aset, rasio kemampuan melunasi utang, dan rasio solvabilitas. Rasio likuiditas dapat menjadi tolok ukut berapa lama kamu bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan jika nggak ada pemasukan sama sekali. Pandji Harsanto, seorang perencana keuangan independen, mengatakan bahwa idealnya seseorang harus memiliki kas sebesar 3 hingga 12 kali pengeluaran bulanan.

Besarnya kas akan bergantung pada banyaknya tanggunganmu. Biasanya, untukmu yang belum menikah dan nggak punya tanggungan, kas sebesar 3 kali pengeluaran bulanan sudah cukup untuk menanggung hidup. Namun nilai kas akan bertambah ketika kamu berkeluarga. Semakin banyak orang yang kamu tanggung, semakin besar pula kas yang harus dimiliki.

Selanjutnya, yang nggak kalah penting adalah rasio tabungan. Rasio ini mengindikasikan berapa banyak pendapatan kotor yang bisa disisihkan untuk masa depan. Bagaimana cara menghitungnya? Rasio tabungan diperoleh dengan cara membagi nilai tabungan dengan pendapatan kotor. Nah, idealnya, buatmu yang masih tergolong pekerja awal, angka rasio yang didapat bisa mencapai 10%. Artinya? Nilai tabungan yang kamu punya seenggaknya harus mencapai 10% dari pendapatan kotor setiap bulan.

Bagaimana, Bright Friends, setelah dihitung, apakah kondisi keuanganmu masih dalam porsi ideal atau justru sampai sekarang kamu belum memiliki aset untuk keperluan masa depan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life