DCSIMG

How To Be Wealthy

Etika Berutang dalam Kacamata Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-2-6

 

 

Bagaimanakah Islam memandang perkara utang? Pada dasarnya, meminjam atau berutang itu mubah (boleh) hukumnya—sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Nabi. Akan tetapi, hukum tersebut bisa berubah seiring dengan faktor yang melatarbelakanginya. Berikut etika saat terlibat dalam utang-piutang menurut prinsip syariah.

Mencatat (atau membukukan) utang

Pihak yang berutang hendaknya mencatat atau membukukan nominal pinjaman mereka, sekecil apa pun jumlahnya. Walaupun telah diberi kepercayaan oleh peminjam, pembukuan tetap diperlukan agar utang tersebut nggak terlupakan.

Berutang saat mendesak

Pastikan kamu memang sedang sangat terdesak ketika memutuskan untuk berutang, karena utang sebenarnya hanya mendatangkan tambahan beban hidup yang membuat kita nggak tenang atau gelisah. Oleh karena itu, Rasulullah sering berdoa meminta perlindungan kepada Allah dari lilitan utang.

Menghindari utang berunsur riba

Hindarilah utang yang memiliki syarat tambahan. Utang yang mengandung riba sudah pasti bisa menambah beban hidup dan semakin menyulitkan si peminjam.

Bertekad segera melunasi

Ketika seorang muslim berutang kepada saudaranya sesama muslim, maka sebaiknya ia bertekad sejak awal untuk segera melunasi utang saat dirinya mampu. Ini adalah salah satu etika yang harus tertanam dalam diri seorang muslim. Dan, janganlah lupa mendoakan kebaikan orang yang telah membantumu.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life